• News
  • Walikota Banjar Pimpin Upacara Hari Pramuka ke-58 di Alun-Alun Langensari

Walikota Banjar Pimpin Upacara Hari Pramuka ke-58 di Alun-Alun Langensari


Banjar - Pemerintah Daerah Kota Banjar menggelar upacara peringatan Hari Pramuka ke-58. Upacara berlangsung di alun-alun Langensari dengan diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai sekolah.

Turut hadir dalam acara tersebut, Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, Kapolres Banjar, AKBP Yulian Perdana, S.I.K., Ketua DPRD Kota Banjar, Dadang R. Kalyubi, Ketua Kwarcab Kota Banjar, Ruswa Sumarna, Dankima Yonif Raider 323/BP, Danpos Auri Langensari, Pabung Kodim 0613 Kota Banjar, Para Camat se-Kota Banjar, dan tokoh masyarakat.

Peringatan Hari Pramuka ke-58 tahun ini, mengusung tema bersema segenal bangsa, Gerakan Pada kesempatan ini, Walikota Banjar bertindak secara langsung sebagai pembina upacara.

Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih menyampaikan, gerakan pramuka dengan berbagai kegiatan diluar ruangan terus memperkuat dan menjaga keutuhan negara. Sejak awal pramuka dirancang sebagai alat pendidikan bagi generasi muda, untuk menjadi perekat dan siap membangun keutuhan NKRI.

Oleh karena itu, kata Walikota, pramuka bisa hadir dan diterima oleh masyarakat seluruh daerah. "Pramuka itu sekumpulan anak muda yang berkaya," ungkapnya.

Lebih lanjut, Walikota menuturkan, dengan banyaknya produk dari luar maka dihimbau kepada masyarakat khususnya pramuka untuk selalu menggunakan produk Indonesia. "Sekarang ini banyak produk pangan dari luar negeri masuk Indonesia, diharapkan masyarakat Indonesia untuk selalu menggunakan produk pangan Indonesia," tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Banjar, AKBP Yulian Perdana, S.I.K., menambahkan, sebagian besar adik-adik merupakan generasi cyber yang online setiap saat update status disosial medianya masing-masing. Pramuka baru harus keren, gembira, asyik dan menyenangkan.

"Ini tantangan bagi para pembina pramuka yang harus selalu krearif dan berinovaso dalam membina peserta didik sehingga bangga menjadi pramuka. Begitu pula para pelatih harus terus menerus belajar untuk dapat mengembangkan dan menerapkan teknologi pendidikan yang up to date tanpa melupakan prinsip dasar dan metode kepramukaan," pungkasnya.

Sebelum upacara, para tamu undangan dan seluruh peserta upacara disuguhkan sebuah penampilan yang meghibur, diantaranya penampilan Kolone Tongkat, Penampilan Angklung dari para siswa SLB Putera Bangsa, dan Rapak Kendang serta tarian kolosal. Selain itu, usai pelaksanaan upacara, dilakukan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba yang dilaksanakan dalam rangka Hari Pramuka ke-58 tahun 2019.//yuli.