• News
  • Walikota Banjar Membuka Kegiatan Porsenitas ke-VII Tahun 2018

Walikota Banjar Membuka Kegiatan Porsenitas ke-VII Tahun 2018


Banjar - Walikota Banjar membuka langsung kegiatan Pekan Olahraga dan Seni Daerah Perbatasan (Porsenitas) ke-VII tahun 2018. Pembukaan Porsenitas dilaksanakan di Banjar Sport Center Langensari Kota Banjar, Jawa Barat, Senin (3 Desember 2018) lalu.

Sebanyak 9 kabupaten kota perbatasan dari dua Provinsi yakni Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah menjadi peserta kegiatan Porsenitas tersebut. Kesembilan kabupaten kota tersebut diantaranya, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran dari daerah perbatasan Jawa Barat, sedangkan dari jawa Tengah ada Kabupaten Brebes dan Kabupaten Cilacap.

Acara dibuka dengan sendra tari dari siswa siswi SMP se-Kota Banjar dan SMKN 1 Banjar. Sendratari yang ditampilkan bertemakan Semangat kebersamaan sebagai gambaran sportifitas. Sekiranya ribuan kontingan dari 9 kabupaten kota perbatasan Jawa Barat-Jawa Tengah mengikuti kegiatan Porsenitas dan pada saat pembukaan para kontingen berjalan melewati panggung tamu undangan dan menuju ke lapang untuk melaksanakan upacara.

Pelepasan balon udara oleh para pimpinan kepala daerah perbatasan Jawa Barat-Jawa Tengah menjadi penanda dibukanya kegiatan Porsenitas ke VII tahun 2018 di kota Banjar.

Ketua Badan Kerjasama Antar Daerah (BKAD) Kunci Bersama, H. Aang Hamid Suganda, S.Sos., saat ditemui usai kegiatam mengatakan, Banjar luar biasa, fasilitas-fasilitas olahraga cukup luar biasa mulai dari lapangan sepakbola, tenis dan badminton.

"Sangat mencukupi untuk melaksanakan Porsenitas di tahun ini. Kerjasama antar daerah itu sifatnya wajib, untuk itu kiranya tidak ada suatu daerah bisa sukses dalam hal ini (Porsenitas) tanpa dukungan dari daerah-daerah sekitarnya," ungkapnya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan Porsenitas ini tentunya daerah perbatasan kunci bersama punya suatu konsep bagus, kedepan dengan akan dibuatkan masterplan dengan Lapi ITB.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Nana Suryana berharap, kegiatan ini menjadi bentuk silahturahmi bagi Pegawai Negeri Sipil atau ASN yang berada di 9 kabupaten kota perbatasan Jawa Barat -Jawa Tengah.

"Kegiatan ini merupakan refreshing yang berarti dengan bersilahturami dan jalin kerjasama. Tentunya dengan ditutup di akhir tahun bulan Desember ini, bentuk kepenatan ditutup dengan Porsenitas sehingga di tahun baru mudah-mudahan menjadi fresh kembali suasananya di tahun baru nanti," pungkasnya.//yuli.