• News
  • Upacara Pengibaran dan Penurunan Bendera HUT ke-74 RI Tingkat Kota Banjar Berjalan dengan Khidmat

Upacara Pengibaran dan Penurunan Bendera HUT ke-74 RI Tingkat Kota Banjar Berjalan dengan Khidmat


Banjar - Tepat pada tanggal 17 Agustus, seluruh anak bangsa memperingati hari yang sangat bersejarah bagi rakyat Indonesia. Dimana hari itu merupakan menjadi momentum peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan di tahun 2019 adalah peringatan yang ke-74.

Dalam peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia, Pemerintah Daerah Kota Banjar menggelar upacara pengibaran bendera merah putih detik-detik Proklamasi Kemerdekaan di Taman Kota Lapang Bhakti, Kota Banjar, Jawa Barat, Sabtu (17 Agustus 2019).

Bertindak selaku Inspektur upacara, Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, dan diikuti oleh ribuan peserta upacara yang terdiri dari segenap unsur TNI, Polri, Pegawai Dinas dilingkungan Pemkot Banjar, Pelajar, dan Organisasi Masyarakat.

Turut menghadiri sebagai tamu undangan, Tokoh Masyarakat, H. Herman Sutrisno, Kapolres Banjar, AKBP Yulian Perdana, S.I.K., Ketua DPRD Kota Banjar, Dadang R. Kalyubi, Kepala Kejaksaan Negeri Banjar, Gunadi, SH., M.H., Kepala Pengadilan Negeri Kota Banjar, Kusman SH., M.H., Kepala Lapas Kelas III Banjar, Agus Wahono, AMd. I.P., SH., M.H., Kepala Pengadilan Agama, Ketua KPU Kota Banjar, Dani Danial Muhklis, dan para Pejabat Forkopimda Kota Banjar, Para Kepala Dinas Kota Banjar, serta segenap tamu undangan lainnya.

Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia tingkat Kota Banjar berjalan dengan khidmat tatkala Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka mengibarkan Sang Merah Putih. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri Banjar bertindak sebagai pembaca teks Pancasila dan Kapolres Banjar sebagai pembaca teks Undang-Undang Dasar 1945.

Pada saat detik-detik Proklamasi yang ditandai bunyi sirine dan pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dibacakan Ketua DPRD Kota Banjar tepat dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB. Seluruh tamu undangan dan peserta upacara, berdiri untuk menghormati dan mengenang detik-detik Proklamasi yang dibacakan oleh Bung Karno pada 74 Tahun yang silam.

Walikota Banjar mengatakan, momentum peringatan Kemerdekaan ini hendaknya menjadi penumbuh semangat. Untuk menumbuhkan tekad dalam mengisi Kemerdekaan ini dengan kerja, kerja dan kerja.

"Karena yang paling penting adalah bagaimana mempertahankan dan mengisi kemerdekaan. Sesuai dengan tema, Sumber Daya Unggul Indonesia Maju, jadi kita genjot untuk sumber daya manusia dan kebetulan ada di visi misi Kota Banjar," tuturnya.

"Pembangunan SDM sebagai kunci Indonesia maju di masa depan," tambahnya.

Pada kegiatan penurun bendera juga berlangsung secara khidmat. Tepat pukul 17.00 WIB dilaksanakan upacara penurunan bendera merah putih dengan Walikota Banjar bertindak sebagai inspektur upacara.

Selain Walikota Banjar, turut hadir mengikuti acara penurunan bendera merah putih di Taman Kota Lapang Bhakti Kota Banjar, Koamdan Kodim 0613/Ciamis, Letkol Arm Tri Arto Subagio, M.Int.Rel., M.M.D.S., Komandan Lanud Wiriadinata, Letkol Pnb M. Pandu Adi Subrata, S.H., Kapolres Banjar, AKBP Yulian Perdana, S.I.K., dan para tamu undangan lainnya serta masyarakat Kota Banjar.//yuli.