• News
  • TMMD ke-106 Kodim 0613/Ciamis, Sosialisasikan Pentingnya Hidup Sehat ke Masyarakat

TMMD ke-106 Kodim 0613/Ciamis, Sosialisasikan Pentingnya Hidup Sehat ke Masyarakat


Pangandaran - Gerakan masyarakat hidup sehat atau disebut GERMAS juga disosialisasikan dalam rangkaian kegiatan Non Fisik TNI Manunggal Membangun Desa ke-106 Kodim 0613/Ciamis. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Desa Parakanmanggu, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Selasa (8 Oktober 2019).

Acara tersebut diikuti oleh puluhan warga masyarakat Desa Parakanmanggu, meliputi para kader Posyandu, Patayat dan Muslimat. Selain itu turut hadir Camat Parigi, Erdhi Saripudin, Danramil 1321/Parigi, Kapten Arh Usep Komarudin, dan seorang narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran melalui Kabid Kesmas, Sobirin.

Kabid Kesmas, Sobirin selaku narasumber menjelaskan bahwa Germas terkecil harus dimulai dari sebuah keluarga, setelah itu masyarakat yang membentuk kepribadian. Fokus dari Germas adalah tiga kegiatan, diantaranya melakukan aktivitas fisik 30 menit/hari, mengkonsumsi buah dan sayur serta memeriksa kesehatan secara rutin.

"Tiga kegiatan tersebut dapat dimulai dari diri sendiri, keluarga, saat ini juga dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Secara umum dapat juga melalui penghentian merokok dan alkohol, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban," jelasnya.

Sobirin mengungkapkan, dalam kehidupan sehari-hari, praktik hidup sehat merupakan salah satu wujud revolusi mental. Germas mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat, agar mampu mengubah kebiasaan atau perilaku tidak sehat.

"Diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat, dan mengurangi beban biaya kesehatan," ungkapnya.

Camat Parigi, Erdhi Saripudin berharap para kader yang mengikuti kegiatan ini dapat menjadi contoh dalam berperilaku sehat. "Dimulai dari keluarga masing-masing agar menjaga senantiasa sehat," imbuhnya.

Sementara itu Dandim 0613/Ciamis, Letkol Arm Tri Arto Subagio, M.Int.Rel., M.M.D.S., melalui Danramil 1321/Parigi, Kapten Arh Usep Komarudin mengharapkan para warga Desa Parakanmanggu bisa memaksimalkan dan memanfaatkan kegiatan Non Fisik dalam program TMMD ke-106 Kodim 0613/Ciamis. "Semoga para peserta yang hadir dapat menyerap materi yang disampaikan serta menerapkan dalam kehidupan sehari-hari," tuturnya.//yuli.