• News
  • Tembakan Senjata Bantuan Yonif Raider 323, Perkokoh Garis Pertahanan

Tembakan Senjata Bantuan Yonif Raider 323, Perkokoh Garis Pertahanan


OKU Timur - Pasukan yang tergabung dalam Satuan Tugas Darat Brigif PR 17 tersusun mendalam dari berbagai kecabangan di Angkatan Darat melaksanakan skenario Latihan Antar Kacabangan Kartika Yudha Tahun 2019 di wilayah Martapura, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan, Senin (12 Agustus 2019).

Berdasarkan Keterangan Media Center Yonif Raider 323/Buaya Putih Kostrad, menjelaskan bahwa skenario dalam latihan tersebut musuh diperagakan bergerak mendekati wilayah Baturaja, Sumatera Selatan yang telah dikuasai ribuan Pasukan TNI AD. Pasukan Batalyon Infanteri Raider 323/BP Kostrad bertindak sebagai Batalyon Cadangan yang bertugas memperkuat garia BDDT di sektor kanan pertahanan.

Satu Kompi Pasukan Buaya Putih bertindak sebagai Pos Depan Umum Brigade. Dipimpin Dankipan C, Kapten Inf Nurkasroni mempertahankan garis depan sejauh 3 km dari inti pertahanan.

Sedangkan sisa pasukan yang dipimpin langsung Danyonif Raider 323/BP, Mayor Inf Afriandy Bayu Laksono, S.Sos., M.I.Pol., berada di belakang inti pertahanan memberikan bantuan tembakan kepada pasukan manuver depan. Sebanyak enam pucuk Mortir 81 dari Pleton Morse Kompi Bantuan Yonif Raider 323 Kostrad yang dipimpin Lettu Inf Muhammad Fikri, S. T. Han memberikan bantuan tembakan dari kedudukannya untuk melindungi pasukan depan yang sedang bermanuver.

"Dalam Latihan Kartika Yudha kali ini, diskenariokan TNI-AD berhasil memukul mundur pasukan negara agresor dengan gemilang. Latihan Kartika Yudha merupakan latihan puncak TNI-AD yang bertujuan menguji kemampuan pasukan mulai dari tingkat perorangan hingga satuan setingkat Brigade dalam melaksanakan pertempuran. Latihan Kartika Yudha digelar di wilayah Martapura, Kab. Ogan Komering Ulu Timur, Provinsi Sumatera Selatan selama 3 minggu," jelasnya.

Media Center Yonif Raider 323/BP Kostad menambahkan, latihan ini melibatkan seluruh fungsi dan kecabangan yang ada di TNI-AD. Itu semua guna memadukan kemampuan satuan dalam menghadapi pertempuran sesungguhnya.

"Tahapan Latihan Ancab ini akan ditindaklanjuti pada tahap berikutnya dalam Latihan Gabungan TNI yang melibatkan seluruh matra baik darat, laut, maupun udara kelak," terangnya.//**