• News
  • Tahun Depan Bandara Soedirman Ditargetkan Sudah Bisa Beroperasi

Tahun Depan Bandara Soedirman Ditargetkan Sudah Bisa Beroperasi


Purbalingga - Pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman akan dimulai pada awal April mendatang dan ditargetkan selesai di tahun 2020.

Hal tersebut disampaiakan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, saat kunjungan ke Bandara Jenderal Besar Soedirman, Selasa (12 Maret 2019).

Dalam kunjungannya Menhub yang didampingi Gubernur Ganjar Pranowo dan Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) menyampaiakan, pembangunan tersebut meliputi pembangunan landasan sepanjang 1600 meter dan juga terminal.

Menhub juga menyampaikan bahwa dengan beroperasinya bandara tersebut maka jarak antara Jakarta ke wilayah Purbalingga, Purwokerto dan sekitarnya hanya membutuhkan satu waktu perjalanan.

"Saya optimistis nantinya bandara ini akan ramai," ujarnya.

Diungkapkan nantinya bandara tersebut akan melayani penerbangan komersial dari Purbalingga menuju Halim Perdana Kusuma termasuk juga ke Yogyakarta dan Semarang. Dengan jarak tempuh yang singkat tentu penerbangan dari bandara ini sangat diminati.

"Terutama di Purbalingga juga ada industry rambut palsu yang dipasarkan ke luar daerah termasuk ekspor. Adanya bandara sangat membantu distribusi dan pemasarannya," jelasnya.

Hal senada juga disampaiakan Gubernur Ganjar Pranowo, bahwa selain Purbalingga dan Banyumas, sejumlah wilayah tentunya akan mendapatkan manfaat dari beroperasinya bandara tersebut. Diantaranya Pemalang, Banjarnegara dan Wonosobo.

"Tinggal bagaimana nanti daerah di sekitar memanfaatkan potensi yang ada untuk dikembangkan. Termasuk potensi pariwisata maupun potensi kulinernya," kata Ganjar.

Sementara Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi pada kesempatan itu menambahkan, bandara tersebut rencanannya akan didesain perpaduan antara modern dengan tradisional. Moder untuk mengikuti perkembangan zaman, sedangkan tradisional sebagai unsur budaya Jawa Tengah.//memet