• News
  • Sriping, Penopang Perekonomian Mbah Muntamah

Sriping, Penopang Perekonomian Mbah Muntamah


Hidup memang penuh dengan lika-liku dan menyimpan cerita suka maupun duka. Hal itulah yang dirasakan Mbah (68) warga Jalan Perkutut Barat, RT 03 RW 1, Kelurahan Tegalreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap. Berbagai usaha telah dicoba dan dilakukan untuk membantu perekonomian keluarganya. Dari mulai usaha jualan sayur keliling, buah-buahan, rujak dan beraneka gorengan hingga mengolah berbagai olahan sriping.

Sudah 30 tahun Mbah Muntamah menekuni berbagai olahan sriping dari pisang, singkong, bisono dan  gadung dalam memenuhi kebutuhan keluarganya. Setiap hari dari pukul 05.00 WIB hingga 15.00 WIB, Mbah Muntamah mulai sibuk mengolah sriping secara tradisional.

Awal usaha mengolah sriping, Mbah Muntamah diajari oleh Mbah Jariyah. Dari Mbah Jariyah, ia diberi modal berupa gresekan untuk membuat olahan sriping. Keinginan untuk membantu perekonomian keluarga yang begitu kuat menjadi semangat untuk terus menekuni berbagai olahan sriping.

Saat ditemui, Mbah Muntamah menceritakan pengalaman manis dan getirnya perjalanan hidupnya. Dirinya mulai merintis usaha sriping ketika Iwan (38) anaknya yang tuna netra berusia 8 tahun. “Alhamdulillah dari mengolah sriping hasilnya bisa untuk kebutuhan sehari-hari. Dan terpenting dapat mengawasi dan merawat Iwan. Maklum lah mas, ia tidak bisa melihat dari usia 2 tahun dan kedua kakak perempuannya tinggal di Ciamis ikut suaminya,” tutur Mbah Muntamah yang didampingi Iwan anak bungsunya, Senin (19 Agustus 2019)..

Meskipun Iwan tidak bisa melihat, ia tidak pernah merepotkan Mbah Muntamah. Bahkan kerap membantu Mbah Muntamah untuk belanja ke warung. “Semua dilakukan sendiri. Pokoknya tidak merepotkan saya. Jika mau makan saya hanya siapkan nasi dan lauknya,,” ujarnya.

Olahan sriping Mbah Muntamah banyak diminati oleh para pelanggannya. Bahkan jika menjelang lebaran, Mbah Muntamah merasa kerepotan melayani pesanan dari pelanggannya.

Sebelumnya 29 tahun yang lalu, keluarga Mbah Muntamah tinggal di jalan Perkutut Barat, RT 04 RW XI, Kelurahan Donan, Kecamatan Cilacap Tengah, Cilacap. Mereka menumpang tanah tetangga, berhubung tanah tersebut akan dibangun oleh pemilik rumah, keluarga Mbah Muntamah harus segera pindah. Disaat Mbah Muntamah kebingungan mencari tempat tinggal, Suryono Ketua RW I, Kelurahan Tegalreja memperkenankan dirinya dan Iwan (anak bungsunya) untuk mendirikan tempat tinggal di belakang rumahnya. //W1D.