• News
  • Sinergitas TNI-Polri Dalam Kesenian, Meriahkan Puncak Perayaan HUT Bhayangkara ke-73

Sinergitas TNI-Polri Dalam Kesenian, Meriahkan Puncak Perayaan HUT Bhayangkara ke-73


Jakarta - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggelar upacara Hari ke-73 Bhayangkara di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu (10 Juli 2019).

Acara ini merupakan puncak dari peringatan hari ulang tahun Bhayangkara yang jatuh setiap 1 Juli. Berbagai rangkaian acara ditampilkan untuk memeriahkan Hari Bhayangkara ke-73 tahun 2019.

Rangkaian acara tersebut, diantaranya marching band personel gabungan, Rampak Kendang, pertunjukan kemampuan personel Polri, hingga terjun payung.

Penampilam Rampak Kendang di perayaan Hari Bhayangkara ke-73 merupakan bukti sinergitas Tentara Nasional Indonesia dan Polri. Tarian dan tabuhan gendang berlangsung sekitar lima menit oleh 120 personel itu ditampilkan di depan Presiden RI, Joko Widodo selaku inspektur upacara, Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian, Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dan sejumlah pejabat Negara.

Rampak gendang dalam memeriahkan Hari Bhayangkara ke 73 diikuti Personil gabungan dari Polres Banjar ,Polres Purwakarta dan Polres Sukabumi Kota. Kemudian satuan dari TNI dari Batalion 323 Raider BP Kota Banjar, Armed 9 Pasopati Kostrad Purwakarta, Yonif 310 Kidang Kencana Sukabumi.

Saat dihubungi, Kapolres Banjar, AKBP Yulian Perdana, S.I.K., melalui Pembina Rampak Kendang Polres Banjar, Bripka Iyan Nadi Sulaksana menjelaskan, Rampak Kendang merupakan perpaduan seni tari dan tabuh gendang serta ditampilkan gabungan TNI-Polri. Untuk yang tampil dalam acara puncak Hari Bhayangkara ke-73 di Silang Monas yakni gabungan dari Polres Banjar dan Purwakarta serta Kostrad Banjar dan Purwakarta.

"Kelompok itu membuktikan jika sinergitas TNI-Polri tidak hanya dalam pelaksanaan tugas saja. Tetapi sinergitas dalam berkreasi di bidang seni pun terus dilakukan," ungkapnya.//yuli.