• News
  • Siapkan Akademis dan Enterpreneur yang Handal

Siapkan Akademis dan Enterpreneur yang Handal


Purbalingga - Universitas Perwira Purbalingga  (Unperba) kembali menggelar Pelantikan Mahasiswa Baru dan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2019-2020, Senin (09 September 2019) lalu.

Usai pelantikan, Rektor Universitas Perwira Purbalingga  (Unperba), Dr Ir Teguh Juharyanto menyampaikan, mahasiswa yang diterima dan mengikuti pelantikan sebanyak 192 dari 261 pendaftar calon mahasiswa. Saat ini, Unperba memiliki dua fakultas yaitu fakultas sains  dan teknik, fakultas ekonomi dan bisnis.

"Untuk sementara ini hanya ada dua fakultas yang terdiri dari lima program studi (prodi) yang ditawarkan. Kelima prodi itu diantaranya Agribisnis, Akuntansi, Manajemen, Teknis Mesin, dan Informatika," tuturnya.

Kedepan, lanjut Teguh, kami akan mengembangkan lagi, namun kami harus mengikuti aturan kementrian perlu nunggu dua tahun, baru bisa pengembangan lagi. "Ijin dari kementrian hanya program studi, kalau fakultas diserahkan ke universitas," ujarnya.

Diterangkan Teguh, 192 mahasiswa baru ini, semuanya diberi keringanan biaya oleh yayasan, yakni hanya dibebankan 50 persen biaya SPP.  Mahasiswa yang diterima berasal dari Purbalingga. Mahasiswa dari luar kota itu sangat sedikit.

Teguh mengakui untuk promosi rekrutmen mahasiswa baru kami termasuk sangat minim waktunya. Jumlah 192 mahasiswa dinilai bagus untuk sebuah universitas baru.

"Kami promosinya sudah telat, dan untuk Universitas swata anggarannya pun tidak seperti negri, yang semua sudah tersedia, bila PKM nanti sudah selesai, kita akan bentuk divisi promosi dan perencanaan pasti kita akan bicarakan,” katanya. 

Unperba diharapkan nantinya bisa menetaskan lulusan mahasiswa mahasiswi yang tidak hanya memiliki kemampuan akademis, namun didukung dengan kemampuan enterpreneur. Hal tersebut untuk menyikapi perkembangan industri saat ini.

"Tidak hanya dari akademisnya saja, kita didik sesuai kompetensi jurusan, namun kita juga akan tanamkan jiwa kewirausahaan," pungkasnya.//MN.