• News
  • Resmikan Status Polresta Banyumas, Kapolda Perintahkan Tingkatkan Pelayanan Publik

Resmikan Status Polresta Banyumas, Kapolda Perintahkan Tingkatkan Pelayanan Publik


Purwokerto - Peningkatan tipologi dari Polres Banyumas menjadi Polresta Banyumas tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan Kepolisian kepada seluruh masyarakat dalam memberikan pengayoman, perlindungan penegakan hukum, mewujudkan situasi kantibmas yang semakin aman dan kondusif, serta mewujudkan masyarakat yang semakin damai dan rukun.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel seusai peresmian Kapolresta Banyumas, Jumat (6 Desember 2019).

Disampaikan, implikasi daripada peningkatan tipologi ini tentunya akan berdampak kepada terjadinya perubahan struktur organisasi. Mulai dari penambahan jumlah personel, jenjang kepangkatan pejabat yang memimpin yang tadinya AKBP (Ajun Komisaris Besar Polisi) menjadi Komisaris Besar Polisi (Kombes), serta peningkatan dukungan anggaran dan dukungan peralatan secara bertahap.

"Alhamdulillah ini merupakan suatu kepercayaan dari sebuah tuntutan tugas, tuntutan daripada perkembangan organisasi di kepolisian, sehingga sumber daya semakin membesar. Dan diharapkan kualitas daripada kinerja pelayanan akan semakin baik," ucap Rycko.

Lebih lanjut Rycko menyampaiakan bahwa peningkatan tipologi Polres Banyumas menjadi Polresta Banyumas itu didasarkan atas perkembangan dari suatu wilayah, perkembangan jumlah penduduk, perkembangan dinamika kejahatan, perkembangan tantangan yang dihadapi, dan rekomendasi dari pemangku kepentingan, baik dari pemerintah daerah, TNI, dan organisasi terkait lainnya.

Sementara, indikator pelayanan publik untuk Polresta yang paling utama adalah tidak adanya komplain dari masyarakat. Disini masyarakat harus semakin percaya kepada polisi dan mau menyampaiakan informasi maupun keluhan secara langsung.

Sebelumnya Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel meresmikan status Polres Banyumas menjadi Polresta Banyumas. Acara diawali dengan kegiatan apel dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita dihalaman Mapolresta Banyumas.

Kapolda menekankan, peningkatan tipologi ini harus diikuti dengan peningkatan kualitas kinerja, harus semakin baik, harus semakin sempurna, dan harus semakin dirasakan keberadaan polisi di tengah masyarakat dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.//ipung