• News
  • Residivis Kasus Pencurian Harus Kembali Merasakan Ruang Tahanan

Residivis Kasus Pencurian Harus Kembali Merasakan Ruang Tahanan


Purbalingga - Seorang Residivis asal Desa Karangsari Kecamatan Karangmoncol kembali harus masuk jeruji besi atas perbuatan yang dilakukan. Sw (32) nekat melakukan aksi pencurian kembali lantaran membutuhkan biaya demi memasukan anaknya sekolah.

Aksi tersebut merupakan kali ketiganya yang dilakukan oleh Sw dan rumah KP (23) tetangga yang menjadi buruannya. Sw masuk ke rumah korban sekitar pukul 03.00 Wib dini hari dan menggondol dua buah handphone, uang, dan tas milik korban.

Akan tetapi, perbuatan pelaku diketahui korban yang terbangun karena aksinya. Korban pun kemudian berteriak maling dan melaporkannya ke pihak Kepolisian.

Hal itu diungkapkan Kapolres Purbalingga, AKBP Kholilur Rochman, S.I.K., melalui Kabag Ops Polres Purbalingga, Kompol Herman Setiono yang didampingi Kapolsek Karangmoncol, Iptu Wartono, dalam Pres Conference, Kamis (11 Juli 2019).

Kabag Ops Polres Purbalingga menjelaskan bahwa pelaku melakukan aksi pencurian dengan cara masuk melewati jendela. Ketika itu korban terbangun dan melihat pelaku kemudian teriak.

Lebih lanjut, Herman menerangkan, pihaknya dan warga sempat mencari pelaku disekitar lokasi dan akhirnya tertangkap saat sembunyi di kebun. Pelaku kemudian diamankan beserta barang bukti, diantanya dua buah handphone merek Xiaomi, uang, dan tas.

"Hasil pengembangan, pelaku merupakan residivis kasus yang sama. Pertama melakukan aksinya di wilayah Kecamatan Rembang, kedua di Kecamatan Bojongsari, dan ketiga di Karangmoncol ini," terangnya.

Herman menambahkan, Sw mengaku mencuri pada kali ini lantaran terdesak masalah ekonomi. Pasalnya, pelaku membutuhkan biaya untuk anaknya masuk sekolah.

Sw sehari-hari bekerja sebagai buruh mengungkapkan bahwa perbuatan ya g dilakukan lantaran masalah ekonomi, akhirnya mengambil jalan pintas dengan mencuri. "Untuk kebutuhan keluarga, anak mau masuk sekolah," kata Sw.

Kini pelaku harus mendekam di ruang tahanan Polres Purbalingga untuk mempertanggungjawabkan atas perbuatan yang dilakukan itu. Pelaku dijerat Pasal 363 KUHP ayat 1 ke-3 e juncto pasal 53 ayat 1 tentang pencurian dengan hukuman penjara maksimal empat tahun.//MN.