• News
  • Relawan PADI Banjar Gelar Nobar Debat Capres Cawapres 2019

Relawan PADI Banjar Gelar Nobar Debat Capres Cawapres 2019


Banjar - Berdasarkan mandat dari tiap tim pemenangan pusat terkait kampanye, yaitu pelaksanaan debat perdana calon presiden dan wakil presiden tahun 2019, dan diinstruksikan kepada seluruh tim kampanye untuk melaksanakan nonton bareng debat pertama capres dan cawapres di daerah masing-masing secara sukarela, baik itu tim pemenangan Jokowi maupun Prabowo.
 
Terkait hal itu, untuk di Kota Banjar sendiri, relawan PADI (Prabowo-Sandiaga) sudah mempersiapkan sejak jauh-jauh hari untuk menggelar acara Nobar tersebut. Saat ditemui di posko PADI, Ketua tim relawan, Ir. Soedrajat menjelaskan kegiatan nobar tersebut berawal dari inisiatif sendiri.

"Awalnya kita inisiatif sendiri, namun kini menjadi himbauan kepada setiap elemen pendukung atau tim pemenangan  sehingga seiring dan sejalan anatara kami dengan pusat," ucapnya, Rabu (16 Januari 2019).

Soedrajat mengungkapkan bahwa acara akan digelar didepan posko PADI, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, pada pukul 19.00 WIB. Kegiatan tersebut terbuka bagi umum atau siapa saja, baik dari Pro Jokowi maupun Pro Prabowo dan ini lebih mengedepankan tali silahturahmi apalagi sesama tetangga disekitaran.

"Meski berbeda pandangan politik namun tidak menjadikan permusuhan. Acara tersebut akan diisi dengan berbagai agenda acara, seperti Akustik, silaturahmi caleg koalisi dan pembagian doorprize berupa kaos PADI," ungkapnya.

Kegiatan yang akan diisi oleh para pengurus dan simpatisan Prabowo, Soedrajat berharap masyarakat bisa ikut serta meramaikan suasana dan ini merupakan pembelajaran politik ke masyarakat agar lebih dewasa. "Diharapkan kegiatan ini lebih menguatkan tali persaudaraan meski berbeda pandangan. Kebiasaan di kita nobar itu identiknya dengan sepak bola atau moto GP, nah sekarang nobar debat capres dan cawapres, biar lebih mengedukasi," jelas Soedrajat.

Sementara itu, ditempat terpisah, Ketua KPU Kota Banjar serta Bawaslu Kota banjar, dirinya tidak melarang kegiatan tersebut, asal sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku. "Kalau sekedar event yang sifatnya menyebarluaskan informasi debat, itu bagus dan tidak apa-apa bagi siapapun atau komunitas apapun, karena disiarkan oleh TV juga itu sifatnya masive atau meyebarluaskan," jelas Ketua KPU Kota Banjar, Dani Danial Muhklis.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Bawaslu Kota Banjar, Irfan Saeful Rohman yang mengatakan bahwa sepanjang bukan unsur money politic, Bawaslu mempersilahkan kepada tim pemenangan untuk mnyelnggarakan acara nobar tersebut. "Selama tidak melanggar aturan KPU serta dengan adanya pembagian undian atau doorprize, itu kami larang, karena sesuai perundang-undangan PKPU 23 pasal 51 ayat 3 menyebutkan larangan memberikan hadiah dengan metode pengundian atau doorprize," imbuhnya.//yuli.