• News
  • Ratusan Siswa Ikuti Uji Coba PPDB Online

Ratusan Siswa Ikuti Uji Coba PPDB Online


Banyumas - Ratusan siswa dari berbagai sekolah di sekitar SMA Negeri Baturraden, mengikuti uji coba Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA yang menggunakan sistem online di ruang laboratorium komputer sekolah setempat, Rabu (12 Juni 2019) lalu. PPDB secara serentak akan dilaksanakan mulai 1-5 Juli 2019 mendatang.

Kepala sekolah Siti Isbandiyah, S.Pd. M.M mengatakan pendaftaran PPDB online di SMA Negeri Baturraden untuk calon peserta didik dibagi dalam tiga jalur. Pertama, jalur zonasi, dengan kuota paling sedikit 90 persen dari daya tampung sekolah. Kedua, jalur prestasi, dengan kuota paling banyak 5 persen dari daya tampung sekolah dan ketiga jalur perpindahan tugas orang tua/wali dengan kuota paling banyak 5 persen.

"Uji coba ini tujuannya untuk memberi penjelasan dan pemahaman kepada calon peserta didik, agar saat mendaftar yang sesungguhnya nanti tidak mengalami kesulitan," katanya.

Isbandiyah menambahkan jadwal pelaksanaan PPDB on line Tahun Ajaran 2019/2020 yaitu verifikasi berkas dan pengajuan akun 24 - 28 Juni 2019, kemudian pendaftaran Mandiri 1 - 5 Juli 2019 Pengumuman 9 Juli 2019 Pendaftaran Ulang 10 - 11 Juli 2019.

Kelengkapan administrasi yang harus dipenuhi oleh calon peserta didik SMA yang mengikuti PPDB dan diserahkan pada saat verifikasi berkas/pengambilan akun pendaftaran berupa Foto copy Ijazah SMP/sederajat; Foto copy akta kelahiran serta menunjukkan aslinya pada saat verifikasi berkas, dengan batas usia paling tinggi 21 tahun.

Sementara untuk calon peserta didik dari keluarga tidak mampu, harus menyertakan bukti keikutsertaan dalam program penanganan kemiskinan dari Pemerintah atau Pemerintah Daerah (KIP, PKH, dan bukti lain yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah), Kartu Keluarga yang diterbitkan paling singkat 6 bulan atau Surat Keterangan domisili dari RT/RW diketahui oleh Lurah/Kades setempat, yang menerangkan bahwa peserta didik yang bersangkutan telah berdomisili paling singkat 6 bulan sebelum pendaftaran PPDB. 

Isbandiyah juga menjeaskan bahwa jalur Pendaftaran PPDB online, calon siswa melakukan verifikasi datanya untuk menerima akun PPDB online di posko PPDB online. Calon siswa melakukan aktivitas akun dan login secara mandiri di situs PPDB online sesuai dengan jadwal pelaksanaan.

Calon siswa melakukan pendaftaran untuk memilih sekolah atau kompetensi keahlian di situs PPDB online selanjutnya mencetak dan menyimpan bukti pendaftaran PPDB online yang memuat normal pendaftaran dan calon siswa memeriksa hasil seleksi melalui situs PPDB online.

"Dari target yang ditentukan dari Dinas Pendidikan Provinsi, uji coba dihadiri sedikitnya oleh calon siswa sekitar 20-40 persen, tetapi karena kerja sama antara kepala sekolah SMP di sekitar sekolah, calon siswa yang hadir lebih dari 150 siswa," jelas Isbandiyah.//**