• News
  • Rampak Kendang Ikut Ramaikan Peringatan Hari Pramuka ke-58

Rampak Kendang Ikut Ramaikan Peringatan Hari Pramuka ke-58


Banjar - Pemandangan menarik terlihat dalam rangkaian acara peringatan Hari Pramuka ke-58 tahun 2019 tinggkat Kota Banjar. Para pembina dan pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Kecamatan Langensari terlihat kompak saat menampilkan antraksi kesenian Rampak Kendang di Alun-Alun Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu (14 Agustus 2019).

Para pemain rampak kendang dan penari kolosal dari sisiwi SMK Negeri 2 Kota Banjar tampak percaya diri menampilkan kesenian asal tanah pasundan itu (rampak kendang). Mereka tampil dihadapan sekitar 1.200 orang anggota Gerakan Pramuka Penegak, Penggalang se-Kwartir Cabang Banjar dan tamu undangan.

Para pembina dan pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Kecamatan Langensari ini terlihat kompak menabuh gendang dipadu aksi tari dan bela diri. Aksi mereka diganjar tepuk tangan riuh dari orang nomor satu di Pemerintahan Kota Banjar yaitu Walikota Banjar dan para tamu undangan lainnya.

Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Kecamatan Langensari, Irwan Adi Laksana, S.IP., menuturkan, penampilan rampak kendang di acara Hari Pramuka merupakan pertama kalinya dilaksanakan khususnya di Kwartir Cabang Kota Banjar. "Kami tampilkan rampak kendang guna menumbuhkan kreatifitas kepada seluruh Gerakan Pramuka dan untuk menjaga serta melestarikan budaya asli Jawa Barat," tuturnya.

Untuk mempersiapkan diri tampil di puncak acara Hari Pramuka ke-58, ia mengaku mempersiapkannya semenjak dua minggu yang lalu. Itu semua dilakukan setiap hari, agar dapat maksimal di saat hari pelaksaannya tiba.

"Sebanyak 40 orang dari pembina dan pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Kecamatan Langensari mengikuti latihan setiap hari selama dua minggu," ujarnya.

Dengan penampilannya tersebut, kata Irwan, merasa bersyukur karena dapat tampil secara maksimal dan tidak ada kegerogian. Ia juga merasakan keseruan para penoton yang menyaksikan penampilan kesenian rampak kendang dari Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Kecamatan Langensari.

"Saya merasa senang dan bersykur dapat tampil secara maksimal. Para personel tidak ada yang merasa gerogi atau gugup saat tampil dihadapan Walikota Banjar beserta tamu undangan lainnya dan ribuan peserta upacara lainnya. Itu semua Berkat kerja keras semua anggota dalam berlatih selama dua minggu," tandansnya.//yuli.