• News
  • Rakor Persiapan TMMD ke-106 Kodim 0613/Ciamis Bersama Pemkab Pangandaran

Rakor Persiapan TMMD ke-106 Kodim 0613/Ciamis Bersama Pemkab Pangandaran


Pangandaran - Kodim 0613/Ciamis menggelar rapat koordinasi (Rakor) terkait persiapan pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa yang sedianya akan dibuka pada 1 Oktober 2019 mendatang di Desa Parakanmanggu, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Rakor yang dihadiri oleh Komandan Kodim 0613/Ciamis, Letkol Arm Tri Arto Subagio, M.Int.Rel., M.M.D.S., beserta jajarannya dan Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata ini dilaksanakan Aula Setda Kabupaten Pangandaran, Parigi, Pangandaran, Senin (9 September 2019).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata menyampaikan bahwa saat ini pihaknya sedang fokus untuk membangun infrastruktur. Sampai dengan sekarang sudah mencapai 80 persen terpenuhi.

"Dalam program TMMD yang sekarang kita laksanakan, Pemkab Pangandaran memberikan bantuan dana sekitar Rp.600 juta. Ini sebagai pola uji coba, jika hasil dari ini sangat memuaskan maka setiap tahunnya akan kita laksanakan," ujarnya.

"Kabupaten Pangandaran saat ini juga sedang melaksanakan pembenahan penataan pantai barat dan timur. Tentunya tidak sedikit dana yang dikeluarkan dengan tujuan untuk menjadikan kabupaten pariwisata yang mendunia," tambahnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0613/Ciamis, Letkol Arm Tri Arto Subagio, M.Int.Rel., M.M.D.S., mengatakan, kegiatan TMMD ke-106 yang dilaksanakan Kodim 0613/Ciamis ini sebagai salah satu wujud bakti TNI. TMMD merupakan program kerjasama terpadu dan berkelanjutan antara TNI yang mensinergikan program masing-masing instansi untuk membantu meningkatkan percepatan pembangunan di daerah-daerah.

Lebih lanjut, Dandim mengatakan, 
dengan TMMD ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat. Untu kriteria sasaran berupa daerah pedesaan khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolir, terpencil, dan perbatasan daerah kubu perkotaan serta daerah lain yang terkena akibat bencana.


"Ini semua sebagai gambaran tentang kesiapan anggaran TMMD ke-106 Kodim 0613 Ciamis tahun anggaran 2019. Dan sebagai pedoman pelaksanaan TMMD ke-106 Kodim 0613/Ciamis tahun anggaran 2019 serta untuk sasaran pembangunan baik fisik dan nonfisik," tandasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Pangandaran, H. Adang Hadari, Asda I Kabupaten Pangandaran, H. Tatang Mulyana, SH., Kapolsek Parigi, AKP Iwan Sukarelawan, Camat Parigi, Drs. Edih, Para Kepala SKPD Kabupaten Pangandaran, dan Kades Parakanmanggu, Suryo.//yuli.