• News
  • PT S2P Cilacap Selenggarakan Cekeli Gratis

PT S2P Cilacap Selenggarakan Cekeli Gratis


PT Sumber Segara Primadaya (S2P) selaku pengelola PLTU Karangkandri Cilacap melalui Coorporate Social Responsibility (CSR) menyelenggarakan cekeli (cek kesehatan keliling) secara gratis bagi warga Dusun Winong Desa Slarang, Kecamatan Kesugihan, Cilacap, Jumat (07 Desember 2018).

Kegiatan cekeli ini merupakan bentuk kepedulian PT Sumber Segara Primadaya (S2P) terhadap kesehatan warga di sekitar perusahaan. Pengobatan gratis diselenggarakan di balai pertemuan warga Winong dan diikuti sekitar 80 pasien yang akan berobat.

Saat ditemui disela-sela kegiatan, Staf CSR PT S2P, Sarjoko menuturkan, cek kesehatan atau pengobatan gratis bagi warga sekitar PLTU. Cekeli di Dusun Winong ini merupakan kegiatan yang ketiga.

Sebelumnya PT S2P sudah melakukan cekeli di Dusun Rawajarit Desa Menganti, Dusun Kuwasen, Desa Karangkandri dan sekarang di Dusun Winong Desa Slarang.

Menurut Joko, ini merupakan rangkaian kegiatan CSR di bidang kesehatan, dan rencananya akan kita laksanakan setiap 3 bulan sekali.

"Ini bukti nyata bahwa PLTU peduli dengan kesehatan masyarakat di sekitar," tuturnya.

Disinggung mengenai keluhan masyarakat terkait sakit apa, Joko menjelaskan bahwa kita belum tahu, karena acara pengobatan atau cek kesehatan ini belum selesai.

"Kalau keluhan di desa sebelumnya, masyarakat yang datang biasanya cek gula darah, asam urat dan kolesterol seta keluhanpenyakit lainnya. Namun untuk sakit yang berhubungan dengan dampak PLTU tidak ditemukan," terangnya.

Terkait penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut-red) seperti informasi dari masyarakat itu belum ditemukan. “Jika ada, akan kami laporkan ke pimpinan untuk dilakukan pengobatan lanjutan,” jelasnya.

Diungkapkan Joko, hari ini ada sekitar 80-an warga yang berobat,di dua desa sebelumnya itu sekitar 110-120 pasien. “Kemungkin hari ini,warga banyak kegiatan, seperti menambang pasir di sungai dan sebagainya," jelasnya.

Ditempat yang sama, warga RT 10 RW 10 Dusun Winong yang ikut cek kesehatan, Ragil (55) menuturkan bahwa dirinya sudah cek dan didapati sakit reumatik, kolesterol dan mengeluhkan dadanya sering sesak.

Ragil berharap agar cek kesehatan dilakukan rutin oleh pihak PLTU. Selain cek kesehatan gratis dirinya juga berharap ada kompensasi dari PLTU.

"Kami ingin, selain cek kesehatan gratis seperti ini, juga ada kompensasi berupa uang setiap bulannya dari PLTU," ujarnya. //wd.