• News
  • Polres Purbalingga Bersama FKPM Bersinergi Sukseskan Pilkades Dan Pemilu 2019

Polres Purbalingga Bersama FKPM Bersinergi Sukseskan Pilkades Dan Pemilu 2019


Purbalingga - Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Kepolisian Resor Purbalingga, Jawa Tengah menggelar Sarasehan FKPM Komunitas, Desa/Kelurahan dan Paguyuban di Aula Loka Anindhita, Mapolres, Selasa (11 Desember 2018) lalu.

Sarasehan diikuti oleh Kanit Binmas dan perwakilan Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran Polres Purbalingga. Selain itu, kegiatan diikuti oleh anggota Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) desa/kelurahan maupun dari komunitas dan paguyuban.

Kasat Binmas Polres Purbalingga AKP Siswanto dalam sambutannya menyampaikan, FKPM diharapkan mampu mendukung terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Kelurahan ataupun desa. Dan juga FKPM menjalin kemitraan dengan Polri guna mendeteksi dan mengidentifikasi suatu permasalahan yang ada, sehingga dapat menyelesaikan permasalah sedini mungkin.

Dikatakan bahwa FKPM juga mempunyai aturan dan tanggung jawab yang berkaitan dengan tugas dan kewenangan, namun jangan sampai FKPM melakukan tindakan diluar dari kewenangan sehingga menimbulkan permasalahan baru. Oleh karena itu pada kegiatan kali ini akan memberikan pembekalan dan penanganan terkait permasalahan yang ada untuk diselesaiakn oleh FKPM.

Siswanto juga menambahkan, dalam beberapa waktu kedepan kita akan menghadapi Pilkades serentak 2018 dan Pemilu 2019 secara serentak. Harapannya FKPM bisa bersinergi dan mampu berkontribusi mendukung suksesnya Pilkades dan Pemilu.

Usai acara sambutan, kegiatan pun dilanjutkan dengan pemberian pembekalan dan pembinaan oleh narasumber. Diantaranya adalah IPTU Sugiyanto dari Satintelkam yang memberikan pembekalan tentang kewaspadaan dini gangguan kamtibmas yang bisa ditangani anggota FKPM.

Selanjutnya dari Satreskrim Polres Purbalingga yang disampaikan IPTU Subiyanto tentang tindak pidana ringan (tipiring) dan penanganan tangkap tangan. Dan mengakhiri pembekalan ini dari Satlantas oleh Kanit Dikyasa IPDA. Wagimin terkait tentang pembinaan tertib berlalu lintas.//MN