• News
  • Polres Banjar Gelar Apel Pasukan Operasi Mantap Brata 2018

Polres Banjar Gelar Apel Pasukan Operasi Mantap Brata 2018


Banjar - Kepolisian Resor (Polres) Kota Banjar, Polda Jabar berserta TNI dan Intansi Pemerintahan melaksanakan Apel Gelar Pasukan Mantap Brata Tahun 2018, Rabu (19 September 2018) sore. Apel yang dilaksanakan di halaman Mapolres Kota Banjar diikuti oleh seluruh personil Polres Banjar beserta jajaran dan TNI serta Intansi Pemerintah terkait.

Apel Gelar Pasukan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personil, baik sarana dan prasarana sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan Pemilu Tahun 2019. Pengamanan Pemilu Tahun 2019 terhitung pada tanggal 20 September 2018 pukul 00.00 samapi pada tanggal 21 Okteber 2019.

Dalam amanatnya, Kapolres Banjar, AKBP Matrius, S.I.K., M.H., mengatakan, pesta demokrasi Pemilu tahun 2019, tahapannya tengah berlangsung saat ini memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas. Karena untuk pertama kalinya Pileg dan Pilpres akan dilaksanakan secara serentak, dengan ambang batas parlemen sebesar 4 persen.

"Kondisi ini akan menuntut upaya maksimal dari masing masing partai politik dalam berkompetisi secara ketat untuk meraih suara sebanyak banyaknya, tidak hanya untuk memenangkan Pileg dan Pilpres namun juga agar bisa tetap bertahan ataupun Survive," terangnya.

Menurutnya, dalam kacamata Kamtibmas, peningkatan intensitas kegiatan politik ini tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan. Diantaranya yang cukup menjadi perhatian bagi Polri adalah pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa serta penyebaran hoax yang berpotensi menimbulkan konflik sosial di tengah tengah kehidupan bermasyarakat .

"Apabila ada yang melakukan seperti itu tentunya pihak kepolisian sudah membentuk tim siber yang akan menindaklanjuti dan akan melakukan tindakan hukum yang tegas terhadap para pelaku itu," tegas Kapolres Banjar, AKBP Matrius.

AKBP Matrius berharap, setelah dilakukan Apel ini, kita tahu, sadar dan mau melaksanakan serta menjaga bahwa Kota Banjar harus tetap aman, damai dan kondusif sampai di akhir rangkaian pesta ini yaitu di bulan oktober 2019.//yuli.