• News
  • Pokdakan Kota Banjar Terima 18,2 Ton Pakan Mandiri KKP

Pokdakan Kota Banjar Terima 18,2 Ton Pakan Mandiri KKP


Banjar - Pemberian Pakan Mandiri kepada para Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) merupakan sebuah kegiatan prioritas utama yang diinisiasi oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) yang dilaksanakan oleh UPT-nya yaitu Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung. Bersinergi adalah kata yang tepat untuk menggambarkan terlaksananya program tersebut.

Peningkatan produksi hasil perikanan khususnya hasil perikanan budidaya tidak akan dapat terwujud apabila tak ada kerjasama antara pemerintah dengan para pembudidaya ikan. Program bantuan pakan mandiri ini sudah berjalan dari beberapa tahun lalu dan sudah banyak Pokdakan yang mendapatkan bantuan berupa pakan buatan yang diproduksi oleh KKP.

Menindaklanjuti kunjungan kerja yang dilakukan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti di Kota Banjar pada beberapa waktu lalu, Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung memberikan bantuan pakan mandiri kepada sejumlah Pokdakan di Kota Banjar. Sebanyak 18,2 ton diberikan kepada 11 Pokdakan yang ada di Kota Banjar.

Dalam kesempatan itu, pemberian bantuan pakan mandiri tersebut diberikan langsung secara simbolis oleh Plt. Kepala BBPBL Lampung, Sunaryat, S.P., M.M., kepada Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih yang kemudian diserahkan kepada 11 perwakilan Pokdakan. Acara tersebut dilaksanakan di Aula Balai Benih Ikan Kubangsari, Mulyasari, Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, Senin (9 September 2019).

Kepala BBPBL Lampung, Sunaryat mengatakan, Pokdakan di Kota Banjar yang menerima bantuan pakan mandiri semuanya sudah sesuai persyaratan dan telah melewati verifikasi. "Pokdakan di Kota Banjar ini sudah lolos verifikasi. Sudah kami cek langsung ke lapangan, jangan sampai ada Pokdakan yang belum memiliki benih ikan tetapi sudah mendapatkan pakan mandiri ini," kata Suryanat dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Suryanat menjelaskan bahwa pemberian pakan mandiri kepada 11 Pokdakan di Kota Banjar sesuai dengan kebutuhan. Dari 18.2 ton dibagi secara adil sesuai dengan kebutuhan dari banyaknya benih yang dimiliki.

"Dari 11 Pokdakan, ada yang mendapatkan 2 ton, 1,5 ton, dan 1 ton. Itu semua sesuai dengan jumlah benih yang dimiliki atas dasar hasil survei lapangan yang telah dilakukan oleh tim," ujarnya.

Sementara, Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada para Pokdakan di Kota Banjar. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat guna meningkatkan produksi budidaya ikan di Kota Banjar.

"Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Banjar mengucapkan terima kasih kepada KKP melalui DJPB oleh UPT Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung atas bantuan pakan mandiri. Semoga dengan bantuan ini, dapat meningkatkan hasil produksi budidaya yang Pokdakan Kota Banjar kerjakan," tandasnya.//yuli.