• News
  • Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-74 Di Alun-Alun Cilacap, Berjalan Dengan Khidmat

Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-74 Di Alun-Alun Cilacap, Berjalan Dengan Khidmat


Cilacap - Tepat pada tanggal 17 Agustus, seluruh anak bangsa memperingati hari yang sangat bersejarah bagi rakyat Indonesia. Dimana hari itu merupakan menjadi moment peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan di tahun 2019 adalah peringatan yang ke-74.

Dalam peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia, Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap menggelar upacara pengibaran bendera merah putih deti-detik Proklamasi Kemerdekaan di lapangan Alun-alun Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (17 Agustus 2019) pagi.

Tampak hadir dalam upacara yaitu segenep unsur TNI, Polri, Pegawai Dinas Instansi di lingkungan Pemda Kabupaten Cilacap, pelajar, dan Oragnisasi Masyarakat serta secara khidmat mengikutinya.

Selain peserta upacara turut dihadiri Komandan Lanal, Kolonel Laut (P) Adi Lumaksana, S.Sos., Komandan Kodim 0703/Cilacap, Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, SE., M.Tr (Han), Kapolres Cilacap, AKBP Djoko Julianto, S.I.K., serta para pejabat Forkopimpda Kabupaten Cilacap, Para Kepala Dinas Instansi baik dari Sipil, Militer maupun Kepolisian, para Veteran, serta segenap tamu Undangan lainnya.

Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 Tahun 2019 tingkat Kabupaten Cilacap ini, berjalan khidmat tatkala Pasukan Pengibar Bendera Pusaka/Paskibraka mengibarkan Sang Merah Putih. Terlebih lagi saat detik-detik Proklamasi yang ditandai bunyi sirine dan pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan tepat pada pukul 10.00 WIB.

Seluruh tamu undangan dan peserta upacara, berdiri untuk menghormati dan mengenang detik-detik Proklamasi yang dibacakan oleh Bung Karno pada 74 Tahun yang silam.

Bupati Cilacap selaku inspektur upacara mengatakan, momentum peringatan Kemerdekaan ini hendaknya menjadi penumbuh semangat. Untuk menumbuhkan tekad dalam mengisi Kemerdekaan ini dengan kerja, kerja dan kerja.

"Karena yang paling penting, adalah bagaimana mempertahankan dan mengisi kemerdekaan," imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati atas nama pribadi dan Pemda mengucapkan terima kasih, atas suksesnya jalannya upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74. "Merdeka, Merdeka, Merdeka," tutup Bupati Cilacap.//***