• News
  • Pemkab Akan Berikan Sanksi Kepada ASN Yang Terlibat Kampanye

Pemkab Akan Berikan Sanksi Kepada ASN Yang Terlibat Kampanye


Purbalingga - Terkait dugaan adanya pelanggaran kampanye yang melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Purbalingga, akan ditindaklanjuti. Hal Ini disampaikan Asisten III Sekda Tri Gunawan usai acara Rakor Koordinasi Sosialisasi Pengawasan dengan Stakeholder dan Masyarakat, Minggu (02 Desember 2018) lalu.

Menurutnya Tri Gunawan pihaknya berjanji tidak akan menutup mata, jika ada ASN yang terbukti melanggar, akan diberikan sanksi. Lebih lanjut ia menyampaikan, pihaknya akan meninjau terlebih dahulu kondisi yang ada. Jika memang terbukti bersalah, tentunya akan diberikan sanksi sesuai prosedur yang ada. Sanksi yang diberikan tergantung pada pelanggarannya, bisa dari saksi ringan maupun sanksi paling berat.

"Kami tetap berdasarkan pada perundang-undangan yang berlaku, jika memang terbukti bersalah, kami akan berikan sanksi," jelasnya.

Sementara itu, ketua Bawaslu Purbalingga Imam Nurhakim mengatakan pihaknya sudah menyerahkan rekomendasi ke Komite ASN, melalui Pemkab Purbalingga dan KPU. Selanjutnya menjadi kewenangan pihak-pihak tersebut.

"Masalah tersebut sudah direkomendasikan ke Komite ASN dan KPU, untuk penindakan selanjutnya. Bawaslu sendiri memang memiliki kewenangan untuk memberikan sanksi. Hanya saja, saat ini memang ada Gakumdu, ada Kepolisian dan Kejaksaan, jadi kalau ada pelanggaran pidana kami bersama," katanya

Lebih lanjut Imam menyampaikan, bahwa pada Rakor Koordinasi Sosialisasi Pengawasan dengan Stakeholder dan Masyarakat ini, juga dalam rangka menyatukan persepsi. Selain itu, dari Porprol-parpol juga bisa lebih paham, pada aturan yang ada.//Mn