• News
  • Pelepasan Prajurit 323 Kostrad Menjaga Perbatasan Negara

Pelepasan Prajurit 323 Kostrad Menjaga Perbatasan Negara


Banjar - Batalyon Infanteri Raider 323/Buaya Putih Kostrad menggelar acara tradisi pelepasan presonel untuk melaksanakan tugas operasi di sepanjang perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini. Sebanyak 53 orang personel dikirimkan dalam penugasan operasi tersebut.

Acara tradisi pelepasan puluhan anggota Yonif Raider 323/BP Kostrad dipimpin langsung oleh Danyonif Raider 323, Letkol Inf Agust Jovan Latuconsina, M.Si., (Han). Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman Mako Yonif Raider 323, Kota Banjar, Jawa Barat, Senin (11 Februari 2019).

Danyonif Raider 323/BP Kostrad, Letkol Inf Agust Jovan Latuconsina, M.Si. mengatakan, terhitung mulai pertengahan bulan Februari, sebanyak 53 orang personel Buaya Putih akan dikirim melaksanakan tugas operasi Pengamanan Perbatasan RI-PNG yang tergabung dalam Satgas Yonif Raider 321/Galuh Taruna. Pelepasan seperti ini adalah suatu tradisi kebanggaan bagi setiap prajurit yang akan melaksanakan tugas operasi.

"Selain sebagai ungkapan selamat bertugas dari seluruh personel, acara tradisi juga dimaknai sebagai rasa kecintaan terhadap satuan Yonif Raider 323/BP Kostrad," kata Jovan.

Dijelaskan Jovan, beberapa bulan lalu telah diketahui bersama adanya penonjolan tingkat ancaman keamanan di wilayah Papua. Atas dasar itu lah, Kostrad sebagai pasukan pemukul TNI AD diberangkatkan untuk mengembalikan kondusifitas keamanan di wilayah Papua.

"Disana Satgas Yonif Raider 321 akan melakukan tugas pengamanan di sepanjang perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini, selain itu guna menjamin keamanan demi kelancaran pembangunan infrastruktur di wilayah Papua," terangnya.

Danyon juga berpesan kepada para anggotanya yang akan berangkat ke daerah operasi, untuk senantiasa menjaga faktor keamanan selama bertugas, tetap waspada, dan tidak lupa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar selalu diberikan perlindungan dan keberhasilan.//yuli.