• News
  • PDIP Kota Banjar Ajukan Nama Pengganti Anwar Hartono

PDIP Kota Banjar Ajukan Nama Pengganti Anwar Hartono


Banjar - Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Banjar, Nana Suryana menuturkan bahwa dirinya sudah mengajukan nama pengganti Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjar, almarhum (alm) Anwar Hartono. Partainya mengajukan nama Sukiman yang merupakan anggota DPRD Kota Banjar dari fraksi PDI Perjuangan.

"Pergantian Wakil Ketua I sudah diusulkan nama Sukiman untuk menduduki jabatan itu menggantikan (alm) Anwar Hartono. Proses pengajuannya sudah selesai sejak 5 Februari 2019 lalu, dan sudah diajukan," tutur Nana kepada awak media saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (8 Februari 2019).

Nana mengatakan untuk pergantian memang sudah suatu keharusan secara organisasi. Untuk pelantikan sendiri tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Barat.

"Sebelum tanggal lima sudah kita sampaikan dan sekarang sudah di meja Gubernur, termasuk pergantian kursi fraksi PDI Perjuangan yang kosong karena memang deadlinenya sampai tanggal lima," ujarnya.

Dijelaskan Nana, sementara untuk pergantian kursi di dalam fraksi, Nana menyebut Iwa Somantri berhak menganti posisi Almarhum. Dalam Pilegislatif 2014, Iwa Somantri berada di posisi keempat dengan perolehan suara kurang lebih 200 suara. Sedangkan posisi kedua 800 suara dan ketiga 700an suara.

"Dipilihnya Iwa Somantri karena yang kedua dan ketiga ini sudah mengundurkan diri dari partai dan sekarang nyaleg dari partai laib. Jadi yang berhak menduduki adalah Iwa Somantri," jelasnya.

Lebih Lanjut Nana menambahkan bahwa dirinya tak mau gembar-gembor pasca meninggalnya almarhum Anwar Hartono. Ia mengaku untuk penggantian dilalui melalui kode etik.

"Yang penting kepentinga oganisasi terisi dan etika berjala, berdasarkan urutan suara Iwa Somantri melangkahi dua orang dan masa jabarannya sebagai anggota DPRD kurang lebih enam bulan lagi," pungkasnya.//yuli.