• News
  • Palsukan Dokumen Asuransi, Karyawati Bank Swasta Diringkus Polisi

Palsukan Dokumen Asuransi, Karyawati Bank Swasta Diringkus Polisi


KBYN alias Ita warga Kabupaten Cilacap hanya bisa pasrah saat diamankan jajaran Satreskrim Polres Cilacap, Polda Jawa Tengah. Karyawati salah satu bank swasta ini diduga melakukan tindak pidana pemalsuan dokumen asuransi.
 
Menurut Kapolres Cilacap, AKBP Djoko Julianto, KBYN alias Ita merupakan karyawati bank swasta di Cilacap. Pelaku diamankan karena melakukan pemalsuan dokumen asuransi. 
 
“Modus yang dilakukan pelaku, memalsukan dokumen asuransi guna penarikan Polis dari salah satu warga di salah satu perusahaan asuransi,” jelas Kapolres saat jumpa pers di Mapolres Cilacap, Selasa (12 Febuari 2019).
 
Atas tindakan pelaku, korban yang merupakan pedagang di kota Cilacap mengalami kerugian sejumlah 750 juta rupiah. Selain melakukan pemalsuan dokumen asuransi pelaku juga melakukan pemalsuan akte cerai yang dipergunakan untuk persyaratan pengajuan kredit pada perusahaan jasa keuangan (finance).
 
Disebutkan Kapolres, pelaku melakukan 2 kali tindak kejahatan yang merugikan masyarakat, sehingga untuk mempertanggung jawabkan perbuatanya dijerat dengan pasal Perasuransian dan Pemalsuan Surat serta Pencucian Uang dengan ancaman hukuman diats 5 tahun penjara.
 
Dari tangan pelaku, petugas berhasil menyita 1 unit kendaraan roda empat yang diduga hasil kejahatan dan beberapa rekening serta dokumen-dokumen penting lainya yang diduga dipalsukan oleh pelaku .
 
“Kami masih melakukan pengecekan, apakah masih ada kerugian baik dari pihak Bank selaku pengelola keuangan atau dari masyarakat yang merasa dipalsukan dokumen asuransinya oleh pelaku,” tandas Kapolres. //W1D.