• News
  • Operasi Gabungan KTMDU Polres Banjar Tingkat Polsek

Operasi Gabungan KTMDU Polres Banjar Tingkat Polsek


Banjar - Sebagai upaya untuk menekan jumlah kendaraan bermotor yang tidak tertib dalam membayar pajak kendaraan bermotornya, Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Kota Banjar, Polda Jabar melaksanakan Operasi gabungan tertib Kendaraan Tidak Melakukan Daftar Ulang (KTMDU) tingkat Polsek. Kegiatan tersebut dilaksanakan di selama tiga hari sejak tanggal 3-5 Desember 2018.

Dalam Operasi gabungan tersebut, Polresta Banjar bekerjasama dengan melibatkan Subdenpom, Dispenda Kota Banjar dan PT Jasa Raharja. Setiap harinya sekitar puluhan personil gabungan terjun melaksanakan kegiatan KTMDU tingkat Polsek.

Selama tiga hari kegiatan operasi gabungan, ada tiga titik lokasi berbeda yang digunakan untum melaksanakan operasi gabungan KTMDU diantaranya pada hari pertama di Simpang Tiga RCA Jalan Tentara Pelajar, hari kedua di Tugu Perbatasan Banjar - Ciamis Kec Purwaharja dan pada hari ini, Rabu (5 Desember 2018) dilaksankan di Simpang Empat Tatanjung Sukur.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menekan jumlah kendaraan bermotor yang tidak tertib dalam membayar pajak kendaraan bermotornya. Hasil dari kegiatan selama tiga hari tersebut didapatkan pelanggar lalu lintas dan ditindak menggunakan surat tilang mencapai 156 buah dari total 2084 kendaraan, baik roda dua maupun roda empat yang diperiksa pada saat pelaksanaan operasi.

"Pihaknya hanya menindak para pengendara yang tidak melengkapi kendaraannya, dan untuk para penunggak pajak diserahkan kepada Dinas pendapatan daerah. Baik hanya memeriksa SIM, kaca spion, knalpot yang bising dan lainnya," tutur Kapolsek Banjar, Kompol Dadi Suhendar, S.H., kepada awak media disela-sela kegiatan operasi, Rabu (5 Desember 2018).

Lebih lanjut Dadi menjelaskan bahwa hanya tindakan tilang saja yang dilakukan, namun untuk pajak STNK yang belum dibayar kami serahkan ke bagiannya yaitu dispenda, baik itu dengan membayar ditempat atau dikasih waktu, "paling lambat 1 bulan, dan jika tidak dibayarkan maka akan dikenai bunga sebesar 2% perbulannya," imbuhnya.

Lebih lanjut, Dadi menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan operasi KTMDU tersebut juga melayani pembayaran pajak ditempat. Sebanyak 57 kendaraan yang terjaring langsung membayarkan pajak kendaraannya ditempat.

"Dengan digelarnya operasi KTMDU ini diharapkan masyarakat wajib pajak dapat membayar pajak kendaraan bermotornya tepat waktu," tandasnya.//yuli.