• News
  • Menteri Susi Menghimbau Pelaku Usaha Tingkatkan Keterbukaan

Menteri Susi Menghimbau Pelaku Usaha Tingkatkan Keterbukaan


Jakarta - Menanggapi berkembangnya pendapat yang menilai proses perizinan di Kementerian Kelautan dan Perikanan sulit, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menjelaskan bahwa dalam setahun terakhir pihaknya memang melakukan tata kelola perizinan.

Hal itu dilakukan guna meningkatkan kejujuran dan kepatuhan dari pada pelaku usaha. Pasalnya, banyak pengusaha memiliki banyak kapal tetapi hanya mendaftarkan sebagian kecil dari kapal yang dimilikinya.

"Ternyata, dari beberapa investasi kita itu banyak pengusaha punya kapa 20, yang dikasih izin cuma 2 atau 3. Dan kecenderungan bukan hanya satu orang, hampir semuanya seperti itu yang punya kapal di atas lima. Pasti yang disembunyiin juga lebih dari lima. Mereka hanya tukar-tukar saja VMS-nya (Vassel Monitoring System) satu sama lain," ujar Menteri Susi melalui Siaran Pers, Rabu (12 Juni 2019).

Guna mengatasi hal itu, saat ini KKP bersikap tegas untuk memperbaiki tata kelola perizinan. "Jadi ya bukan dipersulit, memang saya tidak mau kasih kalau kalian tidak jujur, saya bilang," tegas Menteri Susi.

Menteri Susi menghimbau agar para pelaku usaha meningkatkan kepatuhan pelaporannya secara bertahap. Seiring dengan meningkatnya ketelusuran (traceability) perikanan global.//yuli.