• News
  • Markas Yonif Raider 323/BP Kostrad Diserbu Ratusan Kicau Mania

Markas Yonif Raider 323/BP Kostrad Diserbu Ratusan Kicau Mania


Banjar - Sebanyak 700 peserta dari berbagai daerah di wilayah Priangan Timur datang berbondong-bondong menuju lapangan Mangkalana Digjayana Markas Batalyon Infanteri Raider 323/Buaya Putih Kostrad, Kota Banjar, Jawa Barat, Minggu (21 April 2019).

Kedatangan ratusan peserta tersebut di Markas Yonif Raider 323/BP adalah untuk mengikuti perlombaan Kicau Mania Danyon Cup 2. Perlombaan tersebut merupakan bentuk kerjasama Batalyon Infanteri Raider 323/BP Kostrad denfan Orik Kota Banjar.

Kicau Mania Danyon Cup 2 tahun 2019 tersebut memperlombakan 9 (sembilan) jenis burung, diantaranya murai batu, anis merah, kenari, love bird, kecer, cuca ijo, kolibri, dan cucak jenggot. Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Komandan Yonif Raider 323/BP Kostrad, Mayor Inf Afriandy Bayu Laksono, S.Sos., M.I.Pol., yang ditandai dengan pengantungan sangkar burung di arena lomba.

Dalam sambutannya, Danyonif Raider 323/BP, Mayor Inf Afriandy Bayu Laksono, S.Sos., M.I.Pol., menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh peserta Kicau Mania yang telah hadir di Yonif Raider 323/BP untuk memeriahkan lomba kicau mania Danyon Cup 2 tahun 2019.

"Event ini bertujuan untuk menyalurkan hobi serta dapat memupuk tali silaturahmi dan kebersamaan untuk mencintai pelestarian lingkungan hidup, khususnya dalam komunitas burung berkicau. Kami berharap melalui event ini kita bisa ikut melestarikan burung berkicau agar tidak punah," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPC Orik Jawa Barat, Dendy mengungkapkan bahwa sangat senang dapat bekerjasama dengan Yonif Raider 323/BP dalam event kontes burung. Sehingga event ini menjadikan ajang mempererat keakraban khususnya bagi prajurit TNI.

Dikatakan Dendy, para pemilik burung terlihat begitu semangat menyaksikan burung kesayangannya mulai di lombakan. Berbagai cara mereka lakukan agar burung-burung andalannya mengeluarkan bunyi yang indah dan masuk dalam kriteria penilaian para juri.

"Bagi yang menang tentunya mendapat kebanggaan tersendiri karena berhasil menyisihkan lawan-lawan lainnya. Selain itu tentu saja mendapatkan hadiah, bahkan burung yang berhasil menjadi juara memiliki harga jual yang cukup tinggi," kata Dendy.

Dalam perlombaan tersebut, keluar sebagai juara umum BC adalah dari Birahi Sport dan untuk juara SF adalah Warior Dead. Untuk kekalahan sejumlah Kicau Mania tidak menjadikannya sebagai sebuah kesedihan, karena mengikuti lomba burung berkicau merupakan bentuk penyaluran hobi sekaligus menjalin silahturahmi sesama kicau mania.

Turut hadir dalam event kontes kicau mania tersebut, Ketua DPC Orik Jawa Barat, Dendy dan Ketua Orik Kota Banjar, Dadang.//yuli.