• News
  • Lima Nilai Budaya Kerja Harus Menjadi Parameter ASN Kemenag Banjarnegara

Lima Nilai Budaya Kerja Harus Menjadi Parameter ASN Kemenag Banjarnegara


Banjarnegara - Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengajak para Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Kementrian Agama lebih meningkatkan kinerja, mengingat tugas pokok dan fungsi (tupoksi) di lingkungannya lebih kompleks. Hal tersebut disampaikan bupati pada syukuran Hari Amal Bhakti Kemenag ke-73 di ball room Surya Yudha Hotel, Selasa (8 Januari 2019) lalu.

"Dengan kompleksnya tugas, saya menegaskan di jajaran Kemenag Kabupaten Banjarnegara agar senantiasa menegakkan lima nilai budaya kerja antara lain integritas, profesionalisme, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan," katanya.

Bupati juga mengatakan, lima nilai ni merupakan nilai budaya kerja yang sangat baik, tidak hanya di lingkungan Kemenag, tapi bisa diterapkan di seluruh lingkungan kerja.

Senada dengan bupati, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Banjarnegara, Masdiro mengatakan, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan pelayanan. Adapun prestasi yang telah digapaiy, antara lain peningkatan angka kepuasan haji.

"Saya sampaikan ke Bapak Bupati untuk angka kepuasan haji tahun 2017 adalah 84,85 poin, di tahun 2018 naik menjadi 85,23 poin. Juga reformasi birokrasi di jajaran Kemenag Banjarnegara mencapai angka 72,70," terang Masdiro.

Pelayanan kemenag menurut Masdiro memang lebih berat. Sesuai pembangunan bidang agama pada RPJMN 2015-2019, nilai-nilai agama menjadi landasan mental dan spiritual bidang lainnya. Sementara saat ini Kemenag masih mempersiapkan untuk terwujudnya pelayanan publik terpadu satu pintu (PTSP) untuk memudahkan masyarakat.

Kemenag bertekad mempercepat segala bentuk pelayanan kepada masyarakat, entah itu ijin, informasi, data dan lain-lain. Sedangkan PTSP disiapkan sebagai ruang publik untuk mengurus beragam perijinan sehingga menguntungkan masyarakat.

Acara syukuran HAB Kemenag ke-73 dihadiri Forkompinda, kepala OPD dan jajarannya, tokoh agama, tokoh masyarakat, para purna tugas dan sekolah yang bernaung di Kemenag.

Pada kegiatan ini juga dilakukan penyerahan piala kejuaraan dalam rangka lomba HAB, serta pemberian bea siswa kepada anak berprestasi, pemotongan tumpeng serta siraman rohani hikmah tasyakuran oleh KH Kholid Badruzaman.//met