• News
  • Lantik 464 Pejabat, Bupati Minta Pejabat Tingkatkan Pengabdian

Lantik 464 Pejabat, Bupati Minta Pejabat Tingkatkan Pengabdian


Banyumas - Bupati Banyumas Ir Achmad Husein mengangkat sumpah janji dan melantik 18 pejabat eselon II, 101 eselon III dan 344 pejabat eselon IV dan 1 pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jumat (8 Februari 2019), di Pendopo Sipanji. Pelantikan juga dihadiri Wakil Bupati Drs Sadewo Tri Lastiono, Wakil Ketua DPRD Supangkat dan undangan lainya.

Bupati menjelaskan, pelantikan dan mutai pejabat di setiap instansi pemerintah adalah bagian dari kehidupan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan serta menjadi bagian dari pembinaan karier. Di samping itu pelantikan dan mutasi juga berguna sebagai penyegaran dan peningkatan kinerja.

Sementara parameter utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai dilakukan melalui mekanisme dan pertimbangan kompetensi, loyalitas, moralitas, serta nilai pengabdian dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab. Hal ini mengingat pelaksanaan tugas yang dilaksanakan saat ini banyak mendapat respons yang beragam dari masyarakat mengingat masyarakat kini kian kritis.

"Pegawai negeri sipil sebagai salah satu komponen strategis dalam mengemban tugas sebagai aparatur negara keberadaannya masih menjadi sorotan masyarakat baik dari segi perilaku maupun kinerja. Oleh karena itu seluruh pejabat untuk terus melakukan pengabdian terbaik untuk tersus meningkatkan kesejahteraan masyarakat Banyumas," terang Husein.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah Achmad Supartono mengatakan pada pelantikan ini, banyak pejabat yang hanya dilakukan penetapan kembali karena adanya perubahan struktur organisasi, ada sebagian lainya mutasi serta ada juga yang promosi. Seperti Sekda Drs Wahyu Budi Saptono M.Si meski ikut dilantik masih tetap menduduki jabatan Sekda atau Eselon II A eselon tertinggi di Banyumas termasuk tiga asisten dan beberapa kepala dinas masih pada orang dan jabatan yang sama.

Yang mutasi antara lain Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Irawati mutasi ke Dinas Pendidikan, sementara Purwadi Santoso mutasi ke Bappedalitbang menggantikan Eko Prijanto yang pindah ke BKD mengantikan Irawati.

Abdulah Muhammad Kepala Dinas Sosial dan Pemeberdayaan Masyarakat Desa masuk menjadi Staf Ahli Bidang Hukum digantikan Kartiman menjadi kepala Dinsospermades, sedangkan Dinas Kpendudukan dan Catatan Sipil diisi oleh Wisnu Jarmiko yang semula Staf Ahli Bidang Hukum. Santoso Eddy Prabowo Kepala Kominfo masuk menjadi staf ahli bidng Ekonomi dan Pembangunan. Sementara Junaidi Sekretaris DPU promosi menjadi Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman.

Di Sekretariat Daerah ada pergantian Kepala Bagian Umum Rustin Harwanti digantikan oleh Amrin Makruf semula Camat Pekuncen,Wahyu Dewanto Kabag Pemerintahan dan Kerjasama mutasi menjadi Kabag Perekonomian mengantikan Pardiono yang diangkat menjadi Kepala Bagian Layanan Pengadaan Barang/Jasa. Sedangkan Joko Setiono Kepala Bagian Pemdes menjadi Kepala Bagian Tata Pemerintahan, dan Kepala Bagian Hukum diisi oleh Sugeng Amin serta Kepala Bagian Pembangunan dijabat oleh Dedy Noerhasan mengantikan Sakty Suprabowo yang dilantik menjadi Sekretaris Dinas Perumahan dan Pemukiman. Untuk Kepala Bagian Humas dan Protokol masih dijabat oleh Joko Wiyono.

Untuk mutasi camat, Rawalo memiliki Camat baru yaitu RM Koeshartono mengantikan Agus Anggraito yang dilantik menjadi Sekretaris Dinperindag, Roni Hidayat Camat Gumelar mutasi ke Wangon, Camat Kemranjen Widyo Satmoko mutasi ke Camat Patikraja, Camat Lumbir Edi Paryono mutasi ke Jatilawang. Sementara masih ada jabatan camat yang masih kosong.//**