• News
  • Kunjungan Tim Wasev Dilokasi TMMD ke-103 TA 2018 Kodim 0613/Ciamis

Kunjungan Tim Wasev Dilokasi TMMD ke-103 TA 2018 Kodim 0613/Ciamis


Ciamis - Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) dari Binpolmas Ditbin Tibmaskordinmas Baharkam Polri, Kombes DR.R .S  Terr Pratiknyo dan Drs. Kompol Sandi Sultan S.I.K., mengunjungi lokasi TMMD ke-103 TA. 2018 Kodim 0613/Ciamis di Desa Lumbung, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Selasa (6 November 2018) lalu.

Kedatangan Tim Wasev TMMD tersebut diterima Dandim 0613/Ciamis, Letkol Arm Tri Arto Subagio M.Int.Rel M.MDS di Kantor Desa Lumbung Jalan Raya Kawali-Panjalu No.238, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Dalam pemaparannya di ruang Aula Desa Lumbung, Dandim 0613/Ciamis, Letkol Arm Tri Arto Subagio M.Int.Rel M.MDS dan juga selaku Dansatgas TMMD Kodim 0613/Ciamis menyampaikan, Program TMMD ke-103 TA. 2018 sebagai operasi bakti TNI bekerjasama dengan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam bidang pembangunan yang ada didaerah.

"Melalui Program TMMD sesuai dengan tema, TNI manunggal rakyat dalam mewujudkan desa yang maju, sejahtera dan demokrasi ini bisa berhasil baik fisik dan non fisik atas kerjasama dan antusias masyarakat yang bahu membahu membantu TNI, sehingga program TMMD bisa berjalan dan dirasakan oleh masyarakat secara langsung," ujarnya.

Menurutnya, Program TMMD ini membantu masyarakat khususnya jalan desa yang ada dipelosok-pelosok desa yang rusak. Sehingga dengan adanya program TNI manunggal dengan rakyat ini sasaran bisa tercapai.

"Adapun dibidang fisik adanya pembangunan rapat beton dan pengaspalan jalan serta sasaran tambahan yang meliputi, program perehaban Rutilahu dan pembangunan gedung olahraga (Gor) serta Bak penampungan air dengan menggunakan pipanisasi. Selain itu bisa membantu mengurangi kesulitan masyarakat dan mampu mensejahterakan masyarakat serta meningkatkan ekonomi masyarakat sehingga kemanunggalan TNI-POLRI bisa berlanjut dengan program-program kedepan," terangnya.

Sementara Kapolres Ciamis, AKBP Bismo Teguh Prakoso, SH., S.I.K., M.H., diwakili oleh Waka Polres Ciamis, Kompol Lalu Wira Sutriana mengatakan, Kegiatan TMMD ini merupakan program kerjasama yang dilakukan secara terpadu dan berkelanjutan antara TNI-POLRI, lembaga pemerintah daerah serta masyarakat.

"TMMD dengan tema tentara manunggal rakyat membangun karakter dan kemandirian rakyat, Program ini sangat membantu masyarakat khususnya desa tertinggal. Dengan sinerginya TNI-POLRI dan pemerintah daerah serta masyarakat, Program pembangunan bisa berjalan dengan baik dan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat," ucapnya.

Ditempat yang sama, Tim Wasev, Kombes DR. R.S Terr Pratiknyo dalam sambutannya mengatakan, Program TMMD berfokus kepada pembangunan didaerah, desa dipilih dikarenakan sebagai prioritas program nasional. "Dalam perkembangnya program TMMD ini berfokus pada pembangunan daerah terpecil dan rawan bencana," ucapnya.

Terr Pratiknyo menambahkan, Program ini sudah menjadi program nasional dengan membangun beberapa fasilitas salah satunya pembangunan jalan sepanjang 23.273.097 meter dan pembuatan parit, sarana irigasi sepajang 3.504.779 meter dan pembuatan sarana prasrana perehaban Rumah 34.296 unit serta sarana ibadah 8.068 unit. "Mari kita sukeskan program TMMD ini dengan bergotong royong dengan masyarkata serta dapat dinikmati dengan jangka panjang dengan kemanunggalan dan sinergitas antara TNI-POLRI dan Masyarakat," tandasnya.//yuli.


Berita Terpopuler