• News
  • Kota Banjar Tidak Keberatan Juara 1 Tingkat Nasional

Kota Banjar Tidak Keberatan Juara 1 Tingkat Nasional


Banjar - Desa Raharja, Kecamatan Purwaharja menjadi wakil Kota Banjar dalam perlombaan Lingkungan Bersih Sehat Tingkat Nasional. Sebelumnya ditingkat Provinsi Jawa Barat, Kota Banjar sudah menjadi juara dan itu secara otomatis akan menjadi wakil dari Jawa Barat dalam perlombaan Lingkungan Bersih Sehat (LBS) kategori kota.

Hal itu diungkapkan oleh ibu Wakil Gubernur Jawa Barat, Lina Marlina Ruzhanul Ulum kepada awak media disela-sela kegiatan mendampingi tim verifikasi pusat meninjau langsung ke lapangan di Desa Raharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, Selasa (19 Maret 2019).

Lina menambahkan bahwa penilaian tingkat nasional ini mempertandingkan 4 kota se Indonesia, diantaranya Denpasar, Bukit Tinggi dari Sumatra Barat, Jambi dan Kota Banjar sendiri yang mewakili Jawa Barat. Sedangkan untuk kriteria penilaian itu ada di tim penilai dan tentu saja disini yang dilihat adalah lingkungan bersih sehat karena itu masuk dari verifikasinya.

"Kalo disini (Kota Banjar) kan alhamdulillah, kalo untuk kegiatan-kegiatan ini akan membuat semangat para kadernya, semangat ke masyarakat, karena dinilai tidak hanya dari provinsi tetapi dari pusat," tuturnya.

Sebelum penilaian dari tim pusat, Lina mengatakan bahwa dirinya dari provinsi memberikan pembinaan terlebih dahulu kepada kader PKK Kota Banjar yang mewakili Provinsi Jawa Barat.

"PKK provinsi datang kesini, kita memberikan pembinaan dari awal, bahwa nanti apabila ada penilaian dari tingkat pusat yang dinilai ini, ini dan ini, indikator nya ini. Tetapi penilaian spesifik seperti apa, mereka (tim penilai pusat) yang tahu," ungkapnya.

Lina pun mengungkapkan kepada tim penilai dari pusat bahwa Kota Banjar yang mewakili Provinsi Jawa Barat tidak keberatan diberi juara 1 tingkat nasional. "Insya Allah Banjar Provinsi Jawa Barat tidak keberatan kalau Banjar dijadikan juara 1 tingkat nasional," imbuhnya.

Ditambahkan Lina, mudah-mudahan apa yang kami harapkan semuanya menjadi juara 1 tingkat nasional dapat tercapai. Karena hal itu akan menambah semangat kader PKK dan akan menjadi contoh untuk kota-kota lainnya.

"Banjar menjadi wakil Provinsi Jawa Barat menjadi juara tingkat nasional," tandasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Banjar, Nana Suryana mengungkapkan rasa bahagianya karena Desa Raharja, Kota Banjar ini dipercaya mewakili Jawa Barat di tingkat nasional. "Berarti kualitas dari pola hidup bersih dan sehat di Kota Banjar ini sudah cukup baik," ujarnya.

Diharapkan dengan penilain ini, bukan hanya di Desa Raharja saja, tetapi di Kota Banjar ini pola hidup bersih dan sehat serta lingkungan bersih sehat itu menjadi tradisi. "Itu betul-betul dilaksanakan setiap hari di dalam kehidupan bermasyarakat di Kota Banjar," pungkasnya.//yuli.