• News
  • Korupsi Merusak Perekonomian Negara

Korupsi Merusak Perekonomian Negara


Kejaksaan Negeri (Kejari) Cilacap menggelar peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia tahun 2018, Senin (10 Desember 2018). Peringatan hari anti korupsi diawali dengan upacara di halaman kantor Kejari Cilacap, dilanjutkan bagi-bagi stiker, kaos, buku dan pin bertema anti korupsi ke pengguna jalan yang melintas di perempatan jalan protokol.

Usai membagikan stiker, kaos, buku dan pin ke pengguna jalan, Kasipidsus, Sukesto A didampingi Kasintel, Hery Soemantri dan Kasipidum, Wahyu Heri P mengunjungi kantor Sekretariat Daerah (Setda) dan kantor DPRD Cilacap. Kehadiran mereka diterima Sekda Cilacap, Farid Maruf dan Sekretaris Dewan, Sumaryo.

Maksud kunjungan rombongan Kejari Cilacap ini untuk mengingatkan bahwa korupsi merupakan bahaya laten bangsa yang merusak perekonomian Negara dan secara simbolis menyerahkan kaos, stiker, pin dan buku bertema Hari Anti Korupsi.  

Saat ditemui, Kasipidsus Kejari Cilacap, Sukesto A mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka memperingati hari anti korupsi sedunia dengan tema Melangkah Pasti Cegah dan Berantas Korupsi.

Dalam memperingati hari anti korupsi, lanjut Sukesto, Kejari Cilacap telah melakukan berbagai kegiatan, seperti pembinaan masalah hukum dari bidang intelijen untuk melaksanakan pencegahan korupsi, kegiatan jaksa menyapa dan jaksa masuk sekolah guna memberikan pemahaman melalui sosialisasi masalah korupsi dari tingkat SD, SMP dan SMA serta pemasangan spanduk Anti Korupsi di berbagai titik.

Selain itu, Kejari Cilacap juga memberikan penyuluhan hukum di desa-desa terutama sosialisasi pengelolaan APBDes dan peranan hukum. “Untuk peranan hukum dengan sistem terpadu bersama Pemda ke kecamatan-kecamatan,” kata Sukesto.  

Dengan peringatan hari anti korupsi, Kejari Cilacap mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi sehingga kedepan Indonesia bebas dan bersih dari korupsi.

“Pemberantasan korupsi harus sistematis dari awal yakni memberikan pemahaman dan pencegahan. Hal ini selaras dengan temanya melangkah pasti cegah dan berantas korupsi ,” pungkasnya. //wd.