• News
  • Kirab Boyongan Replika Saka Sipanji 2019

Kirab Boyongan Replika Saka Sipanji 2019


Kirab "Boyongan Replika Saka Sipanji" digelar oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas dalam rangka memperingati Hari Jadinya yang ke-448 tahun. Minggu, (10 Februari 2019).

Kirab yang menggambarkan peristiwa pemindahan pusat pemerintahan Kabupaten Banyumas pada masa pemerintahan Adipati Arya Sudjiman Gandasubrata (bupati ke-20) pada tahun 1937 dari Banyumas dipindah ke Purwokerto. 

Prosesi kirab kali ini terbilang istimewa karena dilepas oleh Puan Maharani (Menteri PMK) yang didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Bupati Banyumas Ir. Achmad Husain.

Replika saka yang diboyong dari Banyumas hanya tiga batang, seperti dalam riwayat yang selama ini menjadi pegangan bahwa satu saka yang lain dibawa dari arah berbeda karena tidak boleh menyeberangi Sungai Serayu, dan nantinya akan disatukan kembali di Alun-alun Purwokerto.

Sebelumnya, kehadiran Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK), Puan Maharani ke Kabupaten Banyumas dalam rangka kunjungan kerja dan juga menyerahkan sejumlah bantuan serta memberikan arahan tentang nilai-nilai Gerakan Nasional Revolusi Mental, di Pendopo Sipanji Kabupaten Banyumas. Sabtu, (09 Februari 2019). //heru.