• News
  • Keren, Patroli Ngabuburit Ala Satlantas Polres Purbalingga

Keren, Patroli Ngabuburit Ala Satlantas Polres Purbalingga


Purbalingga - Keren dan kreatif, ada saja terobosan yang dilaksanakan Satlantas Polres Purbalingga saat melakukan patroli ngabuburit menjelang buka puasa dengan menampilkan wayang lalu lintas sebagai media media sosialisasi tertib berlalu lintas kepada masyarakat, Selasa (15 Mei 2019).

Pagelaran wayang lalu lintas itu dimainkan di atas mobil dinas Satlantas Polres Purbalingga. Sambil berkeliling wilayah, sang dalang dari Satlantas memainkan wayang sekaligus memberi pesan kepada masyarakat atau pengguna jalan untuk tertib berlalu lintas. Bak dalang profesional, sang dalang menghibur masyarakat dengan diselingi guyon maton yang sarat dengan pesan moral.

Kapolres Purbalingga, AKBP. Kholilur Rochman melalui Kasat Lantas Polres Purbalingga, AKP. SS. Udiono, menyampaikan bahwa Polres Purbalingga dalam bulan ramadhan selalu mengadakan program antara lain yaitu Program Puasaan Aman Riayaan Nyaman yang salah satu kegiatannya yaitu patroli ngabuburit. Adanya program itu, kita laksanakan patroli ngabuburit sambil menampilkan wayang lalu lintas.

"Wayang lalu lintas ditampilkan dalam patroli ngabuburit sebagai upaya memberikan edukasi tertib berlalu lintas kepada masyarakat. Patroli berkeliling jalur utama sekaligus sosialisasi tertib berlalu lintas menggunakan wayang," jelas Udiono.

Kasat Lantas juga menambahkan, patroli ngabuburit akan dilaksanakan selama bulan ramadhan. Disamping mencegah gangguan keamanan menjelang waktu berbuka, kegiatan ini sekaligus memotivasi masyarakat agar tertib berlalu lintas.

"Harapannya, adanya sosialisasi melalui media wayang lalu lintas bisa lebih menarik dan pesan bisa tersampaikan serta berkesan," tutupnya.

Patroli ngabuburit Satlantas Polres Purbalingga dengan pembagian takjil kepada pengguna jalan dan masyarakat menjadi akhir dari kegiatan tersebut. Pembagian takjil dilaksanakan di jalur lingkar Alun-alun Purbalingga.//Memet.