• News
  • Kemerdekaan Yang Kita Rasakan Merupakan Perjuangan Para Pahlawan

Kemerdekaan Yang Kita Rasakan Merupakan Perjuangan Para Pahlawan


Purbalingga - Pelaksanakan Upacara Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia, di lingkungan Komando Distrik Militer 0702 Purbalingga dilaksanakan di lapangan Makodim 0702/Purbalingga, Jln. S. Parman No. 5 Purbalingga berlangsung secara khidmat, Sabtu (17 Agustus 2019).

Upacara dipimpin langsung Komandan Kodim Purbalingga, Letnan Kolonel inf. Yudhi Novrizal, S.IP. M.Tar (Han), sebagai Komandan Upacara Kapten Inf Sarimin Danramil 11/Karangmoncol dan diikuti oleh Perwira Upacara Kapten Arm Sudiyo Pasipers Kodim, 1 Pleton Perwira dan Bati, 2 Pleton Bintara dan Tamtama juga 1 Pleton Pegawai Negeri Sipil.

Dalam upacara Dirgahayu Republik Indonesia, Komandan Kodim 0702 Purbalingga membacakan Amanat Pangdam IV Diponegoro, melalui momentum kemerdekaan yang ke-74, ini sebagai penghormatan bentuk terhadap jasa para pahlawan dan para pendahulu. "Kita yang mengorbankan jiwa dan raga, berjuang untuk merebut Kemerdekaan, menegakkan serta mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," tuturnya.

Lebih lanjut, Pangdam menyampaiakan, TNI sebagai garda utama pertahanan Negara, harus senantiasa memegang teguh serta berkomitmen sesuai tugas dan kewajiban yang tertuang dalam undang-undang. "Yaitu menjaga kedaulatan Neraga Indonesia yang berdasarkan Pancasilan dan Undang-undang Dasar RI Tahun 1945, menjaga keutuhan wilayah NKRI, serta melindungi segenap bangsa dari berbagai bentuk ancaman, baik yang datang dari dalam maupun luar negeri," ujar pangdam

Hal tersebut, sejalan dengan tema peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia, yaitu "Suber Daya Unggul Indonesia Maju", dimana pembangunan sumber daya manusia dilingkungan Kodam IV/Diponegoro.

Usai membacakan amanat Pangdam IV Diponegoro, Dandim berharap, Seorang prajurit harus menjadi prioritas utama, guna membentuk SDM Prajurit yang unggul dan memeiliki sikap serta kepribadian yang diharapkan, diantaranya Berdedikasi, Jujur, Inovatif, Tekun serta Ulet.

Lebih lanjut, Dandim mengatakan, pada hakekatnya upacara penghormatan bendera Merah Putih ini dimaksudkan untuk menghormati dan menghargai jasa para pahlawan Indonesia.

"Kami ingin menghormati dan menghargai jasa para pahlawan yang telah berkorban penuh keiklasan dan tampa pamrih demi merebut kemerdekaan Indonesia. Karena dari perjuangannyalah, kita semua bisa menikmati hasil kemerdekaan hingga saat," ujar Dandim yang supel dan punuh sahaja tersebut.//MN.