• News
  • Kampung Madu di Desa Banjaranyar Semakin Menggeliat

Kampung Madu di Desa Banjaranyar Semakin Menggeliat


Ciamis - Kampung Madu, sebuah daerah yang terletak di Dusun Sindangasih, Desa Banjarnyar, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, merupakan sebuah perkampungan yang mana mayoritas penduduknya menggeluti usaha madu lebah. Usaha madu yang digeluti oleh masyarakat Sindangasih ini patut diberi apresiasi dan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Ciamis.

Sebab, dari penghasilan budidaya lebah madu masyarakat bisa menyulap lingkungannya hingga dikenal dengan sebutan kampung madu. Kegiatan budidaya madu lebah yang digeluti oleh warga sudah berjalan sejak tahun 2007 silam.

Dengan modal pengetahuan seadanya, jatuh bangun dirasakan dalam mengawali usahanya itu. Tanpa patah semangat warga Sindangasih terus mencoba untuk bertahan dan mengembangkan budidaya madu lebah tersebut.

"Dengan kegigihan dan kerja keras kami dalam mencari pengetahuan ternak lebah madu secara otodidak ini, akhirnya kami dapat menemukan cara yang sesuai dengan alam di Dusun Sindangasih Desa Banjaranyar. Melihat keberhasilan itu warga lain mulai melirik dan belajar beternak lebah penghasil madu," ujar salah seorang penggagas, Wanto (35) kepada tabloidpamor.com saat dihubungi, Kamis (5 Desember 2019).

Wanto menjelaskan, pada tahun 2018 baru mulai mendirikan kelompok peternak madu dengan diberi nama Bina Lestari. Dengan Cabang Dinas Kehutanan Wilayah 7 sebagai Pembina kelompok.

"Sekarang kelompok ini memiliki 80 anggota yang keseluruhannya adalah warga Dusun Karanglegok dan Dusun Sindangasih. Kemungkinan masih berkembang warga yang beternak lebah lainnya ikut bergabung dalam kelompok ini," jelasnya.

Ia berharap kepada pemerintah khususnya Kabupaten Ciamis dapat memberikan perhatian lebih intensif kepada warga masyarakat di Kampung Madu. Hal itu guna berkembangnya usaha kerakyatan di kampung madu ini.

"Kami berharap Pemerintah Kabupaten Ciamis dapat memberikan perhatian khusus kepada warga di Kampung Madu dengan menyediakan akses jalan yang lebih baik lagi. Pasalnya saat ini akses jalan menuju kampung madu ini masih rusak, sehingga distribusi penjualan madu masih lambat," tandasnya.//yuli.