• News
  • Jelang Ops Ketupat Lodaya 2019, Satlantas Polres Banjar Survei Jalur

Jelang Ops Ketupat Lodaya 2019, Satlantas Polres Banjar Survei Jalur


Banjar - Menjelang pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2019, Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Banjar, Polda Jabar melakukan survei jalur yang menjadi titik perhatian selama arus mudik lebaran tahun 2019. Dalam survei tersebut, Satlantas Polres Banjar dibantu oleh Dinas Perhubungan Kota Banjar dan Dinas Pekerjaan Umum Kota Banjar.

"Pada hari Rabu (15 Mei 2019) kemarin, kami melaksanakan survei jalur bersama dengan Dishub dan PU Kota Banjar. Dimulai dari Purwaharja perbatasan Banjar-Ciamis sampai dengan daerah Cijolang perbatasan Jabar-Jateng serta daerah Batulawang tepatnya perbatasan Banjar-Ciamis menuju kearah Pangandaran," tutur Kasat Lantas Polres Banjar, Polda Jabar, AKP Dadang Supriadi, SH., M.M., kepada awak media saat ditemui di Mapolres Kota Banjar, Jalan Siliwangi No.145, Karangpanimbal, Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, Kamis (16 Mei 2019).

Kasat Lantas mengatakan, jalur yang perlu diwaspadai yakni didaerah Tugu Perbatasan Maonah sebelum Purwaharja, karena disana jalan yang bergelombang. Untuk antisipasi, Satlantas Polres Banjar akan memasang tolo-tolo dibagian tengah sebagai pembatas jalan disepanjang jalan bergelombang.

"Hal itu dimaksudkan jangan sampai ada kendaraan yang menyalip menggunakan badan jalan sebelahnya yang dapat mengakibatkan kecelakaan," kata Dadang.

Dijelaskan Dadang, diwilayah Jembatan Baru terdapat jalan berlubang, dan bekerjasama dengan Dinas PU maka dipredikai dalam seminggu kedepan akan selesai diperbaiki.

"Jalur yang di survei tersebut merupakan untuk jalur mudik dan Jalur wisata, karena di Kota Banjar terdapat dua arus jalur, pertama arus mudik dan kedua arus wisata," jelasnya.

Menurutnya, untuk arus mudik dan berkaca pada pengalaman terdahulu, Polres Banjar menyiapkan jalur alternatif apabila terdapat longsor diwilayah Panulisan Jawa Tengah. "Kendaraan akan kita arahkan masuk melalui wilayah Langensari dan akan keluar di Ciopat. Sama halnya jalur baliknya dari arah Jawa Tengah, mulai dari kepulangan di Jawa Tengah kita arahkan semua belok kiri masuk wilayah Langensari dan keluar di pertigaan Procit untuk arah ke Bandung dan sekitarnya," terangnya.

Sementara untuk jalur wisata di Kota Banjar, Dadang mengungkapkan bahwa terdapat dua jalur, yakni Jalur Jembatan Baru dan Jalur Parungsari. "Untuk rekayasa kepulangan arus balik sering terjadi kemacetan di Cisaga yang masuk wilayah hukum Polres Ciamis dan kami sudah berkoordinasi untuk dialihkan ke arah Cimaragas," ungkapnya.

Untuk pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2019 sendiri berdasarkan Timeline yang diterima akan dilaksanakan di akhir bulan Mei dan lebih detailnya masih menunggu informasi dari Polda Jabar.//yuli.