• News
  • HUT ke-74 RI, Yonif Raider 323 Kostrad Tularkan Patriotisme Kepada Anak SD

HUT ke-74 RI, Yonif Raider 323 Kostrad Tularkan Patriotisme Kepada Anak SD


Way Kanan - Momentum Dirgahayu Republik Indonesia dan sekaligus mengisi waktu rehat latihan Ancab TNI AD 2019, Yonif Raider 323/BP Kostrad mengisinya dengan memberikan materi tentang Bela Negara kepada anak-anak di SD Negeru 01 Ramsay, Kecamatan Waytuba, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung, Sabtu (17 Agustus 2019).

Selain memberikan materi Bela Negara, kedatangan Prajurit Buaya Putih Kostrad ini merupakan permintaan dari karang taruna Kampung Ramsai untuk menjadi petugas upacara Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia yang dilaksanakan di lapangan sepak bola kampung Ramsai, Waytuba, Way Kanan, Lampung.

Di waktu yang hampir bersamaan, Prajurit Yonif Raider 323/BP Kostrad mengisi dua buah kegiatan selaligus di kampung Ramsai. Sebanyak 11 personel hadir melaksanakan kegiatan tersebut dengan dipimpim oeh Pasipers Yonif Raider 323/BP Kostrad, Lettu Inf Edi Riwanto.

Dalam pelaksanaan upacara peringatan Dirgahayu Republik Indonesia di Kampung Ramai ini dihadiri oleh ribuan peserta. Meliputi masyarakat dan para pelajar dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP) diwilayah sekitar Kampung Ramsei.

Lettu Inf Edi Riwanto menjelaskan bahwa kegiatan Bela Negara di SD Negeri 01 Ramsay berupa memberikan pemahanan tentang Pancasila dan arti Kemerdekaan. Selain itu juga ada pengenalan Kompas dan teropong hingga menggunakan samaran seperti prajurit.

"Antusias anak-anak SD sangat tinggi sekali dan tidak semuanya bisa terpenuhi karena keterbatasan waktu. Kegiatan ini juga dapat di terima dengan baik oleh guru-guru SD Negeri 01 Ramsay," ujarnya.

Diluar dugaan, kata Edi, upacara kali ini sangat banyak permintaan dari semua kalangan masyarakat. Mereka menghadiri upacara mulai dengan berpakaian adat daerah sampai pakaian ala pedesaan.

"Upacara berjalan dengan hikmat dan lancar, semua warga senang mengikuti upacara karena baru kali ini petugasnya langsung dari Anggota TNI-AD," tuturya.

Selain itu, Edi menuturkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat jalinan Tali silaturahmi dan sebagai pembentukan karakter serta menumbuhkan Rasa patriotisme. Mengingat dan mengenang jasa-jasa para pejuang dalam merebut kemerdekaan RI. Kepada genarasi muda calon-calon penerus kepemimpinan Bangsa untuk menuju SDM UNGGUL INDONESIA MAJU.

"Ini juga untuk meningkatkan kerjasama soliditas dan sinergi kemanunggalan antara TNI khususnya Yonif Raider 323/BP dengan sekolah sekolah serta masyarakat yang berada di sekitar tempat latihan Ancab 2019 di Martapura Lampung.

"Sehingga makin memantapkan selogan BERSAMA RAKYAT TNI KUAT," tandasnya.//**