• News
  • Himbauan Bawaslu Kota Banjar Kepada Peserta Pemilu Tahun 2019

Himbauan Bawaslu Kota Banjar Kepada Peserta Pemilu Tahun 2019


Banjar - Sesuai dengan tugas Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yaitu, pencegahan, pengawasan dan tindakan. Hal itu diungkapkan Ketua Bawaslu Kota Banjar, Irfan Saeful Rohman, SH.I., saat ditemui diruang kerja, Rabu (10 Oktober 2018) lalu.

"Diantara pencegahan yakni dengan sosialisasi dan lain sebagainya, itu sedang kami rancang serta kami jadwalkan roadshow ke Para Parpol. Kemudian berbicara pengawasan yaitu, memantau, mengawasi semua kegiatan tahapan tahapan baik di penyelenggara maupun di peserta. Dan sedangkan untuk penindakan kaitan dengan pelanggar aturan nanti kami proses sebagaimana mestinya," ungkapnya.

Menurutnya, dalam kontestasi Pemilu 2019 terkait dengan pemasangan APK, ada beberapa dugaan pelanggaran, namun belum bisa disimpulkan itu bentuk pelanggaran atau bukan. "Masih belum bisa di simpulkan, apa itu pelanggaran atau bukan, untuk pelaporan sampai sekarang belum ada." Imbuhnya.

Irfan menambahkan, Untuk Masalah ketertiban pemasangan APK, yang jelas kita berpatokan kepada PKPU dan SK KPU. APK yang diperbolehkan itu dinilai dari sisi ukuran kemudian bentuk dan jumlah, dan Bawaslu berpatokan untuk sisi pengawasannya.

Irfan menghimbau, kepada partai peserta pemilu 2019, pemasangan APK Harus mematuhi semua regulasi yang ada, Karena regulasi setiap penyelenggaraan pemilu pasti bebeda.

"Untuk langkah Preventifnya sendiri, Bawaslu Kota Banjar merencanakan untuk Road Show ke partai politik peserta pemilu untuk lebih mensosialisasikan regulasi tentang kepemiluan," pungkasnya.//yuli.