• News
  • Hari Pertama Sekolah, SMKN 1 Kawali Bekali Siswa Baru Wawasan Tentang Bahaya Narkoba

Hari Pertama Sekolah, SMKN 1 Kawali Bekali Siswa Baru Wawasan Tentang Bahaya Narkoba


Ciamis - Bahaya narkoba saat ini sudah meresahkan semua pihak terutama di lingkungan pendidikan, tidak sedikit korban penyalahguna masih berada di usia remaja bahkan anak dibangku sekolah dasar pun tak luput dari jeratan narkoba. Sebagai upaya membentengi para siswa, SMKN 1 Kawali bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis memberikan wawasan tentang bahaya narkoba kepada para siswa baru yang diselenggarakan pada waktu Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Aula SMKN 1 Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (15 Juli 2019).

Kegiatan tersebut merupakan program kerja tahunan untuk memotivasi anak didik baru guna memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang narkoba. Termasuk juga dampak buruk apabila disalahgunakan.

"Kami pihak SMKN 1 Kawali perlu menekankan kepada para siswa, khususnya kepada siswa baru tentang bagaimana cara penanggulangan ataupun mencegah supaya tidak terlibat kepada penyalahgunaan narkoba," tutur Kepala sekolah SMKN 1 Kawali, Drs. H. Hadi Sumantoro, M.Pd.

Sebagai narasumber dari BNNK Ciamis, Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M), Deny Setiawan, S.Sos., M.M., menyampaikan materi tentang "Bahaya Penyalahguna Narkoba Bagi Remaja".

Deny mengatakan bahwa peredaraan narkoba tidak hanya di kalangan orang dewasa saja, namun sudah menyasar kepada anak-anak dibangku sekolah, oleh sebab itu, kegiatan ini sangat penting. Ini merupakan langkah awal antisipatif dari pihak sekolah untuk melindungi anak didiknya supaya terhindar dari penyalahgunaan narkoba.

"Selain jenis narkoba, saya juga menjelaskan dampak buruk dan sanksi hukuman. Itu semua disampaikan agar para siswa paham dan mengerti serta memiliki kemampuan untuk menolak narkoba, itu yang terpenting," ujar Deny.

Deny berharap serta menghimbau kepada para siswa di Lingkungan SMKN 1 Kawali untuk jangan pernah berani mencoba narkoba. "Gunakan kesempatan yang ada untuk belajar guna meraih masa depan yang gemilang serta bebas dari penyalahgunaan narkoba," tandasnya.//yuli.