• News
  • Hari Pertama Kerja Pasca Lebaran, Bupati Purbalingga Sidak Kehadiran ASN

Hari Pertama Kerja Pasca Lebaran, Bupati Purbalingga Sidak Kehadiran ASN


Purbalingga - Pasca libur Idul Fitri 1440 Hijriah, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE., B.Econ., MM., (Tiwi) memantau kehadiran dan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di hari pertama masuk kerja usai libur lebaran.

Dengan didampingi Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Purbalingga Heriyanto, S.Pd., M.Si., serta sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE., B.Econ., MM., (Tiwi) melakukan sidak ke Kantor Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Purbalingga, Senin (10 Juni2018) lalu.

Dalam sidak tersebut Bupati langsung memantau di beberapa ruangan yang tahun 2018 lalu hanya mendapat nilai C.

"Setelah libur lebaran semua ASN harus sudah siap menjalankan tugas. Tidak ada alasan untuk bolos kerja di hari pertama ini," tutur Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, SE., B.Econ., MM., (Tiwi) disela sela sidak.

Menurutnya, pemantauan yang kami lakukan hari ini, tidak kami jumpai ASN yang bolos kerja atau bolos tanpa alasan. Dan juga tadi saya lakukan pengecekan di beberapa ruangan DPMPTSP sedang dibangun, dimana pada tahun 2018 lalu fasilitas kita ini  mendapat nilai C dalam katagori pelayanan public. "Saya berharap di tahun 2019 ini levelnya bisa naik menjadi nilai B," ungkap Tiwi.

Tiwi menambahkan untuk meraih nilai B dibutuhkan beberapa perubahan dan penambahan ruang, antara lain: ruang pengaduan, konsultasi, laktasi, palyground dan juga ada kamar mandi khusus disabilitas yang saat ini sedang dikerjakan dan on progress. "Sehingga DPMPTSP Purbalingga di tahun 2019  bisa mengalami peningkatan menjadi katagori B," tandasnya.

Sementara Kepala DPMPTSP, Mukodam, S.Pt mengatakan dari Kementerian PAN-RB ada persyaratan yang harus tersedia yakni khusus disabilitas harus tersedia. Antara pria dan wanita juga harus terpisah. 

Dijelaskan Mukodam, mulai bulan Agustus 2018 lalu, pelayanan sudah menggunakan aplikasi online, sepanjang persyarakatan pemohon lengkap untuk mendapatkan Nomor Induk Pengusaha tersebut sebagai tanda daftar pengusaha tidak perlu menunggu sampai berhari-hari.

"Cukup setengah jam bisa selesai sepanjang persyaratan lengkap, karena semua sudah online bahkan bisa di akses dimanapun," terang Mukodam.

Sebelumnya, Bupati Dyah Hayuning Pratiwi memimpin apel gabungan ASN di jajaran Pemkab Purbalingga dilanjutkan halal bihalal dengan seluruh ASN di halaman pendopo Dipokusumo Purbalingga. Apel diikuti seluruh ASN di lingkungan Sekretariat Daerah, ASN dari 18 Kecamatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinporapar, Sekretariat DPRD dan sejumlah OPD Kabupaten Purbalingga serta instansi lainnya.//Memet.