• News
  • Esok Rabu, Bangkai Heli BO-105M/PK-EAH Akan Mulai Dievakuasi

Esok Rabu, Bangkai Heli BO-105M/PK-EAH Akan Mulai Dievakuasi


Banjar - Bangkai pesawat Helikopter BO-105 M/PK-EAH yang jatuh pada Sabtu 16 Maret 2019 kemarin sampai saat ini masih menunggu dari operator PT. Air Transport Service untuk di evakuasi.

Hal itu diungkapkan Komandan Pangkalan Udara TNI AU (Danlanud) Wiriadinata Tasikmalaya, Letkol Pnb M. Pandu Adi Subrata, SH., kepada awak media usai menghadiri acara Tabliq Akbar di halaman Mapolres Kota Banjar, Jalan Siliwangi No.145, Karangpanimbal, Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, Selasa (19 Maret 2019).

Dijelaskan Letkol Pnb M. Pandu Adi Subrata bahwa tim asuransi dari Singapura sudah mendatangi lokasi jatuhnya Heli BO-105M/PK-EAH dan kemudian nantinya mereka akan menilai seberapa parahnya dan kemudian akan dilakukan evakuasi.

"Untuk evakuasi tersebut akan dimulai paling cepat itu besok siang (20 Maret 2019), dan tim sendiri akan datang pada hari Rabu dini hari. Karena hari ini sudah selesai dan kembali ke Jakarta dan koordinasi dengan tim pusat yang di PT ATS kemudian kembali lagi paling cepat itu Rabu siang," terangnya.

Lebih lanjut, Pandu mengatakan, untuk kegiatan evakuasi tersebut, seperti diketahui kejadian kemarin tim TNKT sudah mengambil semua data yang diinginkan, baik itu mulai dari data yang diperlukan seperti dokumen pesawat maupun GPS sudah dibawa semua.

"Namun masih diperlukan untuk pengambilan engine pesawat, Insya Allah besok akan dimulai dari Rabu (20 Maret 2019) sore sampai hari Kamis," ungkapnya.

Ditambahkan Pandu bahwa tidak ada kendala dalam melakukan evakuasi bangkai pesawat Heli BO-105M/PK-EAH. Dirinya hanya menunggu dari tim PT. ATS sebagai operator. "Untuk mekanisme evakuasi akan disampaikan besok, demikian," pungkas Pandu.//yuli.