• News
  • Elis: Sekoper Cinta dan Ngabaso Diharapkan Dapat Mengatasi Masalah Sosial

Elis: Sekoper Cinta dan Ngabaso Diharapkan Dapat Mengatasi Masalah Sosial


Banjar - Sebagai bentuk upaya pemberdayaan perempuan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat meluncurkan suatu inovasi program unggulan untuk para perempuan juara di Jawa Barat. Program itu dinamakan Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita atau disngkat Sekoper Cinta serta Ngabring Bareng Ka Sakola atau Ngabaso.

Program Sekoper Cinta dan Ngabaso merupakan program yang diluncurkan oleh Gubernur Jawa Barat yang harus ditindaklajuti di tingkat kabupaten kota. Selain itu juga terintegrasi dalam program pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan keluarga berencana, serta dilaksanakan di lokasi P2WKSS.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjar, Elis Nana Suryana dalam sambutannya di acara launching dan pembukaan program Sekoper Cinta dan Ngabaso di halaman Desa Karyamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, Senin (15 Juli 2019).

Lebih lanjut, Elis Nana Suryana mengatakan dengan adanya program ini dapat mampu mengatasi permasalahan sosial yang dipicu oleh kerentanan keluarga. Seperti tingginya kasus kekerasan, tindak pidana perdagangan orang, angka perceraian, prevalensi stunting dan perkawinan usia anak.

"Program Sekoper Cinta ini di harapkan mampu mencapai tujuan, yaitu agar perempuan di Jawa Barat memiliki pengetahuan terkait kesetaraan dan keadilan gender, memiliki pengetahuan dan menerapkan keterampilan terkait relasi keluarga serta etika dan etiket dalam kehidupan sehari hari," kata Elis.

Elis mengungkapkan, dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait kesehatan keluarga, penanggulangan bencana dan pelestarian hidup, itu merupakan modal keterampilan dasar perempuan dalam kehidupan sehari hari.

"Program ini bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta memberikan motivasi sehingga permpuan punya keberanian dalam mengemukakan pendapat," ungkapnya.

Elis berharap, dengan mengikuti program Sekoper Cinta ini, perempuan di Jawa Barat khususnya Kota Banjar dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya dalam berbagai hal, baik dalam bidang sosial maupun ekonomi.

Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih ditandai dengan suara gong yang berbunyi. Selain itu turut hadir mengikuti acara tersebut, Kepala Dinas Sosial Kota Banjar, Drs. Asep Tatang Iskandar, M.Si., Ketua BPBP Kota Banjar, Yayan Herdiaman, dan Para Camat se-Kota Banjar serta seluruh peserta.//yuli.