• News
  • Disdikbud Peringati HUT RI ke-73 dengan Kaulinan Urang Lembur

Disdikbud Peringati HUT RI ke-73 dengan Kaulinan Urang Lembur


Banjar - Pemerintah kota Banjar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Banjar menggelar kegiatan Kaulinan Urang Lembur, Kamis (9 Agustus 2018). Dalam bahasa daerah Sunda "kaulinan urang lembur" berarti permainan anak desa.

Pada kegiatan yang digelar di Taman Kota Lapang Bhakti kota Banjar ini, ratusan peserta dari siswa Sekolah Dasar (SD) se-kota Banjar mengikuti perlombaan permainan tradisional yang sudah mulai jarang dimaikan oleh anak anak. Permainan tradisional yang dimainkan seperti egrang, rorodaan, kurung batok, sorodot gaplok, prepet jengkol, dan bedil jepret.

Sebanyak 80 Sekolah Dasar yang ada di kota Banjar dan tiap tiap sekolah mengirimkan satu tim, yang beranggotakan 5 orang siswa siswi untuk dipertandingkan dalam perlombaan kaulinan urang lembur.

"Peserta seluruh sekolah dasar yang ada di kota Banjar, sebanyak 80 tim dan tiap tim beranggotakan 5 orang dengan total keseluruhan peserta jadi 400 orang. Ditambah para pembimbing dan kepala sekolah jadi sekitar kurang lebih 600 orang," kata Kabid Kebudayaan, Oom Supriatna.

Oom menjelaskan, kegiatan ini merupakan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-73. Sekaligus dalam rangka menggali serta melestarikan budaya tradisional terutama permainan kaulinan urang lembur.

"Sekarang ini permainan seperti itu sudah jarang di mainkan, dan anak anak lebih banyak bermain gadget," ujar Oom.

Oom berharap, anak anak jangan terpaku dengan permainan gadget atau permainan modern tapi tetap diusahakan melestarikan budaya tradisional lainnya.

"Kegiatan kaulinan urang lembur ini akan berlangsung selama dua hari. Babak penyisihan dilaksanakan pada hari Kamis, 9 Agustus 2018, sementara untuk hari Jumat, 10 Agustus 2018 adalah babak semifinal dan final," pungkasnya.//yuli.