• News
  • Desa Raharja Jadi Wakil Kota Banjar di Tingkat Nasional

Desa Raharja Jadi Wakil Kota Banjar di Tingkat Nasional


Banjar - Puluhan masyarakat Desa Raharja yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) ramai-ramai datang berkumpul menghadiri rapat koordinasi dalam rangka persiapan penilaian lomba Kesatuan Gerak (Kesrak) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Keluarga Berencana (KB) dan Kesehatan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Desa Raharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, Selasa (8 Januari 2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Walikota Banjar, Nana Suryana bersama dengan Ketua PKK Kota Banjar, Kepala Dinas Keluarga Berencana, Sekertaris Kecamatan Purwaharja dan Kepala Desa Raharja serta puluhan peserta dari KWT Desa Raharja.

Wakil Walikota Banjar, Nana Suryana mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi Desa Raharja yang telah menjadi wakil Kota Banjar ke tingkat Nasional dalam perlombaan Kesrak PKK KB Kesehatan. "Kalau sudah bicara tingkat Nasional, tentu sudah menjadi perwakilan Jawa Barat dan Kota Banjar," jelas Nana.

Dijelaskan Nana, Keistimewaan dari Desa Raharja sehingga dapat mewakili Kota Banjar dan Jawa Barat di Tingkat Nasional, diantaranya dari kekompakan dan bagaimana penerapan pola hidup sehat dan bersih sesuai dengan yang dimaksudkan oleh pemerintah, baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

"Disini ada kampung KB, Bank Sampah, kemudian cara penempatan dan bagaimana Bank sampah itu ditempatkan serta bagaimana ibu-ibu KWT nya berbuat dalam memanfaatkan lahan-lahan yang ada. Tentunya itu menjadi indikator daripada penilaian itu sendiri," ungkapnya.

Nana berharap dalam penilaian tingkat Nasional Desa Raharja bisa meraih juara. Akan tetapi bukan sebatas meraih juara saja, melainkan bisa menjadikan motivasi untuk wilayah-wilayah lain agar bisa hidup sehat dan bersih.

"Dengan memanfaatkan lahan-lahan untuk bercocok tanam seperti yang sudah di canangkan KWT ibu-ibu PKK bahwa kita jangan menangis tidak punya lahan besar tetapi ketika ada lahan sedikit tidak dimanfaatkan akan terlihat tidak bagus, tetapi ketika di tata dengan bunga seadanya dan penataannya benar itu akan jadi menarik dan enak untuk di pandang," tandasnya.//yuli.