• News
  • Cegah Radikalisme dan Separatisme, Kodim 0613/Ciamis Gelar Komsos

Cegah Radikalisme dan Separatisme, Kodim 0613/Ciamis Gelar Komsos


Ciamis - Kodim 0613/Ciamis menggelar pembinaan komunikasi sosial (Komsos) untuk mencegah serta menangkal benih-benih radikalisme dan separatisme khususnya di bidang teritorial. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Makodim 0613/Ciamis, Jalan Jenderal Sudirman, Ciamis, Jawa Barat, Senin (12 Agustus 2019).

Acara tersebut dihadiri oleh Danramil 1301/Ciamis, Mayor Arh Wildeu Pangalerang, Danramil 1302/Cikoneng, Kapten Inf Sutamat, PasiterDim 0613, Kapten Arh Agus Gusnedi, Pasi Pers, Lettu Inf Maryoto. Selain itu turut hadir Kepala seksi Palwija dari Dinas Pertanian, Judajendra, dan Masyarakat ,serta para mahasiswa dari Universitas Galuh dan STIKes.

Pembinaan Komsos ini, Kodim 0613/Ciamis mengajak kepada tamu dan peserta acara untuk senantiasa menjaga kerukunan serta kedamaian. Baik secara perorangan ataupun kelompok demi terjaganya negara Indonesia yang tertib dan aman.

"Sebagaimana kita ketahui, Pancasila adalah dasar falsafah bangsa kita yang tidak bisa dirubah, diganggu gugat ataupun dihilangkan dari muka bumi. Karena Pancasila mem-back up keseluruhannya, mulai dari Suku, Ras, Agama, dan Budaya Indonesia. Itu semua tidak lepas dari Pancasila," ujar Dandim 0613/Ciamis, Letkol Arm Tri Arto Subagio, M.Int.Rel., M.M.D.S., melalui Danramil 1301/Ciamis, Mayor Arh Wildeu Pangalerang.

Menurutnya, hubungan baik antara aparat dan masyarakat dapat menangkal potensi tumbuhnya benih-benih radikalisme maupun separatisme.

"Harapannya, kegiatan kelompok atau oknum yang mengarah ke radikalisme maupum separatisme dapat ditangani sejak dini. Ini tak bisa dilakukan secara baik tanpa adanya komunikasi yang bagus dengan masyarakat," katanya.

‎Oleh karena itu, kata Mayor Arh Wildeu, marilah jaga persatuan dan kesatuan bangsa ini dengan hidup rukun serta damai. Tidak perlu menjadi orang hebat untuk jadi yang terbaik, tetapi berbuatlah yang terbaik untuk bangsa ini.

"Bangsa yang besar tidak akan lupa sejarahnya, bangsa yang besar berani bersikap dalam membela keutuhan wilayahnya. Jangan pernah kita lupakan jasa para Pahlawan yang pernah berjuang untuk negara. Mari kita sama-sam tegakan kebenaran, junjung tinggi moral bangsa, jauhi narkoba, dan jadikan diri kita menjadi manusia yang patut serta bisa dihargai orang lain," pungkasnya.//yuli.