• News
  • Bukti TNI Cinta Rakyat, Koramil 1313/Banjar Laksanakan Program Jambanisasi

Bukti TNI Cinta Rakyat, Koramil 1313/Banjar Laksanakan Program Jambanisasi


Banjar - Program jambanisasi yang terus-menerus dilakukan dalam karya bhakti TNI itu merupakan salah satu bukti kecintaan TNI kepada rakyat.

Dalam kesempatan kecintaan TNI kepada rakyat, Komando Distrik Militer 0613/Ciamis melalui Komando Rayon Militer 1313/Banjar melaksanakan karya bhakti Program Jambanisasi di Lingkungan Awiluar Rt.05 Rw.16, Kelurahan Situbatu, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Selasa (16 Juli 2019).

Kegiatan tersebut merupakan bentuk konkret pembinan teritorial (Binter) Babinsa melalui program Bakti TNI demi pembinaan wilayah dan terwujudnya ketahanan wilayah.

Komandan Kodim 0613/Ciamis, Letkol Arm Tri Arto Subagio, M.Int.Rel., M.M.D.S., melalui Danramil 1313/Banjar, Mayor Inf Drs. Agung Subekti, mengatakan, program Bakti TNI melalui program Jambanisasi merupakan program TNI AD yang sudah menjadi agenda tahunan dan dilaksanakan. Kegiatan program jambanisasi dilakasanakan berdasarkan dari hasil survei di lapangan dan koordibasi Babinsa dengan pihak Desa

"Program ini sebagai wujud kepedulian Koramil 1313/Banjar kepada masyarakat tentang kebersihan dan kesehatan. Semoga masyarakat semakin memahami tentang perilaku hidup bersih dan sehat, sehingga penyebaran penyakit akibat lingkungan kotor akan semakin berkurang dan kedepan masyarakat bisa hidup sehat," jelas Danramil.

Sementara itu, Camat Banjar yang diwakili oleh Sekertaris Camat Banjar, Jajat Sudrajat, S.Sos., M.Si., menyampaikan bahwa pihaknya mengapresiasi kegiatan TNI AD dalam program Jambanisasi yang bekerja sama dengan pemerintah desa. Salah satu program satu juta jamban itu dilaksanakan oleh Kodim 0613/Ciamis, khususnya menyentuh keluarga miskin yang belum memiliki jamban.

"Kami atas nama pemerintah desa sangat mendukung dengan adanya program TNI AD dalam hal ini program jambanisasi, sehingga perilaku masyarakat kita tidak lagi buang air di sungai. Saya berharap dengan dibangunnya jamban tersebut bisa meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat yang ada di Kota Banjar," ujarnya.//yuli.