• News
  • Budhi Sarwono, Genjot Infrastruktur Untuk Tingkatkan Pariwisata

Budhi Sarwono, Genjot Infrastruktur Untuk Tingkatkan Pariwisata


Banjarnegara - Menyandang gelar kota seribu lubang, Kabupaten Banjarnegara menjadi daerah yang dikenal lambat pertumbuhan pariwisatanya. Padahal salah satu pariwisata Banjarnegara yaitu pegunungan Dieng, sudah dikenal baik tingkat nasional maupun internasional. Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk menunjang jalannya pertumbuhan pariwisata, yaitu dengan mendongkrak pembangunan infrastruktur jalan.

Hal inilah yang menjadi program utama Budhi Sarwono dalam menjalankan roda kepemimpinan di Kabupaten Banjarnegara. Semenjak menjabat sebagai bupati, pembangunan infrastruktur pun terus dipacu.

"Infrastruktur adalah kebutuhan pokok, jika infrastruktur sudah memenuhi dan mencukupi kebutuhan masyarakat, jangankan pariwisata pertumbuhan ekonomi pun akan meningkat. Dan inilah program utama saya sebagai bupati," ucapnya saat ditemui di rumah dinas bupati, Senin (10 Desember 2018) lalu.

Menurut bupati, pembangunan jalan di Kabupaten Banjarnegara saai ini sudah mencapai 65% dari 700 km jalan yang harus diperbaiki. Dan pembangunan ini direncanakan akan tuntas pada 2019 mendatang.

"Janji saya pada masyarakat itu tiga tahun, tapi alhamdulilah baru 16 bulan menjabat sebagai bupati, perbaikan infrastruktur sudah mencapai 65%," jelasnya.

Untuk dapat mencapai target pembangunan insfrastruktur, Pria kelahiran 27 November 1962 yang juga dikenal dengan nama Kho Wing Chin mengaku ada sedikit kendala yaitu pada anggaran. Dimana janji bantuan dari pusat yang tadinya 100 miliar ternyata dikurangi menjadi 24 miliar saja.

"Ini yang membuat saya sedikit berfikir, tapi saya tidak akan patah semangat karena tugas bupati itu harus bisa mengelola APBD yang ada, dan saya tidak akan mengeluh dan merengek-rengek kepusat," tegasnya.

Disisi lain, tantangan yang harus dihadapi adalah birokrasi di Banjarnegara yang menurut Budhi sudah terdoktrin sejak lama dan perlu dilakukan pembenahan, diantaranya adalah dengan memangkas kegiatan-kegiatan yang tidak perlu di setiap OPD.

Pembangunan pada sektor Infrastruktur juga sesuai arahan dari Presiden Jokowi agar anggaran digunakan untuk sektor yang benar-benar di butuhkan oleh masyarakat. Berkat kerja keras semua pihak inilah, Kabupaten Banjarnegara memperoleh penghargaan Anugrah Pangripta Abipraya 2018.

Budhi Sarwono merupakan bupati terpilih dari Banjarnegara periode 2017-2022. Ia berpasangan dengan Syamsudin didukung oleh koalisi partai Demokrat, Golkar dan PPP pada pemilihan kepala daerah serentak Februari 2017 lalu.

Semasa kecil, Budhi menempuh pendidikan di SD Negeri II Kranddegan, kemudian lanjut di SMP Cokroaminoto, dan menempuh pendidikan SMA juga di Cokroaminoto.

Budhi Sarwono merupakan Ketua Umum Asosiasi Aspal Beton Indonesia Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, ia juga pemilik dari PT Bumirejo Banjarnegara yang bergerak dalam bidang konstruksi. Sebelum menjadi Bupati, Budhi Sarwono merupakan Dewan Penasehat GAPENSI Banjarnegara dan Ketua DPP PITI Indonesia.//ip-mn