• News
  • Bersama SMPN 1 Ciamis, BNNK Ciamis Wujudkan Lingkunagan Sekolah Bersinar

Bersama SMPN 1 Ciamis, BNNK Ciamis Wujudkan Lingkunagan Sekolah Bersinar


Ciamis - Ratusan siswa-siswi SMPN 1 Ciamis terlihat sangatlah antusias mengikuti kegiatan sosialisasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba yang disampaikan langsung oleh Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang aula SMPN 1 Ciamis, Selasa (4 Desember 2018).

Sebanyak 560 peserta mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut yang terdiri dari kelas VIII dan kelas IX SMPN 1 Ciamis. Kegiatan tersebut merupakan program yang berkesinambungan dalam pelaksanaannya, tidak hanya kali ini saja tetapi kegiatan ini akan rutin dilaksanakan setiap tahun bertepatan dengan penerimaan siswa baru.

"Kegiatan ini merupakan implementasi dari MoU antara SMPN 1 dengan BNNK Ciamis, dimana BNN diundang untuk menyampaikan informasi pencegahan penanggulangan bahaya narkoba terutama untuk kalangan siswa," tutur Kepala Sekolah SMPN 1, Dr. Agus Sumantri, M. Pd., kepada awak media disela-sela kegiatan.

Menurutnya, permasalahan narkoba menjadi tanggung jawab kita semua untuk menanggulanginya, sebab itulah kami melaksanakan kegiatan ini untuk berupaya dalam melindungi anak didik kami khususnya agar tidak terjerumus kedalam permasalahan narkoba.

"Karena narkoba sudah menjadi darurat di Indonesia, kami tidak ingin anak-anak terjerumus ataupun terjebak oleh oknum yang ingin merusak generasi muda melalui narkoba," tuturnya.

Lebih lanjut, Agus mengatakan bahwa kegiatan ini sangat baik bahkan BNNK Ciamis menyebutnya SMPN 1 Ciamis sebagai pionir. "Dengan jumlah peserta mencapai ratusan, itu otomatis dan secara otomatis akan menyebarkan informasi yang positif tentang penyalahgunaan bahaya narkoba," imbuhnya.

Agus berharap dengan kegiatan ini anak-anak mempunyai indikator untuk menolak orang atau oknum yang ingin mengajak menggunakan narkoba, "maka mereka sudah bisa mengantisipasinya," terangnya.

Sementara Kepala BNNK Ciamis, AKBP Yaya Satyanagara, S.H., mengatakan SMPN 1 Ciamis sebagai pionir sekolah yang bekerjasama dengan BNNK Ciamis dalam menangani permasalahan narkoba. Salah satu point pentingnya yakni melaksanakan sosialisasi tentang bahaya narkoba.

"Siswa-siswi  SMPN 1 Ciamis bisa menjadi penggiat, relawan di lingungannya baik sekolah ataupun dimana mereka berada supaya mampu bisa mengajak kepada lainnya. Serta menginformasikan kembal ilmu yang didapat dari kegiatan ini dan bisa memberikan pemahaman dan ajakan untuk menolak narkoba," ungkanya.

Menurutnya, narkoba tidak memandang usia, mulai dari dalam kandungan sampai orang tua bisa terkena narkoba, "itulah jahatnya narkoba," tegas Yaya.

Lebih lanjut, AKBP Yaya menambahkan bahwa di usia sekolah sangatlah potensial terpapar narkoba. Oleh karena itu kegiatan ini menjadi salah satu bentuk upaya untuk pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba.

"Semoga dengan digelarnya sosialisasi ini bisa menjadi contoh bagi sekolah lainnya diwilayah Kabupaten Ciamis untuk mewujudkan Lingkungan Sekolah BERSINAR (Bersih dari Narkoba)," pungkasnya.//yuli.