• News
  • Bawaslu Purbalingga Gelar Rakor Dengan Peningkatan Pengawasan Pemilu 2019

Bawaslu Purbalingga Gelar Rakor Dengan Peningkatan Pengawasan Pemilu 2019


Purbalingga - Bawaslu Kabupaten Purbalingga mengelar Rapat Koordinasi Dengan Mitra Kerja yang dilaksanakan di Rumah Makan Mie Pasar Baru Karangsentul - Padamara Purbalingga, Jawa Tengah, Jum’at (12 April 2019) lalu.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan kapaitas pengawasan Pemilu 2019 dengan tema "Bersama Rakyat, Awasi PemiluBersama Bawaslu Tegakan Keadilan Pemilu", khususnya di wilayah Kabupaten Purbalingga.

Saat rakor, Komisioner Devisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Purbalingga, Joko Prabowo menuturkan bahwa rapat koordinator dengan Mitra Kerja menjelang masa tenang dari tanggal 14 sampai dengan 16 April mendatang, Bawaslu akan melakukan penertipan dengan melibatkan semua Mitra. Baik dari tingkat Kabupaten maupun Kecamatan.

Sambungnya, hari ini kita koordinasikan terlebih dahulu, nanti pada pelaksanaan penertiban masa tenang sudah satu koordinasi biar pelaksanaan secara serentak penertipan alat peraga dan bahan kampaye kita akan laksanakan hari minggu. “Pelaksanaan akan kami layangkan surat pemberitahuan masa tenang kepada partai politik dan paslon agar mereka melepas alat peraga dan bahan kampaye sendiri sebelum masa tenang, “ jelas Joko.

Ditambahkan Joko, potensi tingkat kerawanan praktek money politics alias politik uang di semua dapil bagi kami sama. Maka sesuai dengan instruksi Bawaslu RI, Bawaslu Kabupaten Purbalingga beserta jajarannya  mengadakan patroli anti politik uang. “Kami menyadari politik uang sudah sangat menggurita. Tapi, kami harus ikhtiar untuk melakukan pencegahan. Harus optimis, jangan pesimis," tegasnya.

Sementara, Kapolres Purbalingga, Polda Jateng, AKBP Kholilur Rochman melalui Kabag OPS, Kompol Herman Setiono mengatakan giat Rakor Bawaslu merupakan bentuk kesiapan menghadapi setelah kampaye terbuka pada masa tenang. Sebagai barisan pengamanan, kesiapan kita saat menghadapi masa tenang dan pemungutan suara ini merupakan titik masa krusial.

Sehinggga kesiapan kita untuk  bersinegri antara aparat TNI, Polri dan KPU dan Bawaslu sebagi penyelenggara tentunya dipertaruhkan. Dan kita dituntut untuk tetap menjaga situasi tetap aman, damai dan kondusif pada saat pemilu 2019 berlangsung.

Rakor dengan mitra kerja tersebut di hadiri oleh Kasi Pemtantribum, Ketua PPK, Panwascam Div. penindakan, Kabid ketertiban umum pol PP, Kabid penegakkan perda pol pp, Kasi intel polres dan Kodim Purbalingga. Sebagai narasumber dalam rakor, Kapolres yang diwakili Kabag op, Kasatpol pp, KPU dan Bawaslu.//memet.